Kapal Militer AS Berlabuh di Bitung, Wagub Kandouw Diajak Kapten Kapal Lihat Ruang Kendali

Kunjungan kapal militer AS di Pelabuhan Bitung hanya untuk silahturahmi dan bukan karena ada wilayah yang sedang memanas.

Kapal Militer AS Berlabuh di Bitung, Wagub Kandouw Diajak Kapten Kapal Lihat Ruang Kendali
ISTIMEWA
Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw dan Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri berkesempatan merasakan ruang kemudi Kapal Militer Amerika Serikat USNS Brunswick yang sandar di Pelabuhan Bitung, Senin (14/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Riyo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kapal Militer Amerika Serikat, USNS Brunswick (T.EPF-6) sandar di Pelabuhan Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, Senin (14/1/2019).

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven OE Kandouw berkesempatan melihat langsung kapal tersebut didampingi oleh Commander Greg Adams, US Naval Attache to Indonesia, dan Captain Adam Streeper.

“Ini suatu kehormatan bagi Provinsi Sulawesi Utara. Ini menandakan Sulawesi Utara khususnya Bitung adalah salah satu pelabuhan yang aman, daerahnya aman,” ucap Kandouw.

Kunjungan kapal militer AS pengangkut pasukan dan logistik menunjukkan kondusifnya situasi Sulut kepada dunia internasional.

Baca: Kisah Anggota Militer AS Gabung ISIS Karena Lihat Video Pembantaian Tiap Hari, Bocorkan File Rahasia

Baca: Militer AS Siap Bangun Radar Rp 14 Triliun untuk Deteksi Rudal Balistik

"Ini menjadi kehormatan bagi kita, karena kunjungan kapal militer AS ini hanya satu-satunya di Indonesia. Dan Sulut menjadi daerah yang dipilih. Ini menjadi bukti bahwa Sulut, khususnya Kota Bitung, menjadi pelabuhan standar internasional yang aman untuk dikunjungi dan ini menjadi hal positif bagi kita untuk menunjukkan ke dunia internasional bahwa daerah kita sangat kondusif," kata Wagub.

Di samping itu, pada pertemuan ini juga digagas kesepakatan untuk menjalin hubungan militer yang lebih erat.

Sulut akan dipilih menjadi tuan rumah pelaksanaan latihan tempur.

"Kita sangat berterima kasih atas kunjungan ini. Dan bukan hanya itu, dari pertemuan kita, maka ada kesepakatan untuk membangun kerja sama militer di mana kita akan menjadi tuan rumah pelaksanaan latihan tempur. Dan ini menjadi hal positif bagi daerah kita," ujarnya.

Baca: Pelabuhan Bitung Diminati China, Ini Sikap Olly

Baca: Harga Kopra Naik Lagi, Wagub Katakan Hasil Penetrasi ODSK Berhasil

Steven menyampaikan, kunjungan kapal militer AS tersebut hanya untuk silahturahmi dan bukan karena ada wilayah yang sedang memanas.

Halaman
12
Penulis: Ryo_Noor
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved