Berita di Minahasa

Pemkab Minahasa Instruksikan Seluruh Perangkat Daerah Antisipasi DBD

Pemkab Minahasa akan melaksanakan Gerakan Bersih-bersih lingkungan secara serentak di seluruh wilayah Hal ini untuk menghindari DBB

Pemkab Minahasa Instruksikan Seluruh Perangkat Daerah Antisipasi DBD
TRIBUNMANADO/FERDINAND RANTI
Pemkab Minahasa melaksanakan kerja bakti serentak di seluruh wilayah (Jumat 3/8/2018). ( 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Menindak lanjuti Instruksi Bupati Minahasa dalam rangka penanggulangan DBD, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa akan melaksanakan Gerakan Bersih-bersih lingkungan secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Minahasa.

Menurut Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Minahasa Moudy Pangerapan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan di seluruh Kecamatan/Kelurahan Minahasa wita sesuai surat edaran bernomor 005/004/sekt-eko-sda.

“Pelaksanaan Kerja bakti akan difokuskan pada wilayah-wilayah yang berpotensi mewabahnya DBD serta membersihkan wadah-wadah yang dapat menjadi genangan air,” kata Moudy Pangerapan.

Baca: 44 Rumah Ibadah dan 2 Panti Sosial Terima Dana Hibah dari Pemkab Minahasa

Dalam isi surat menyampaikan bahwa Pimpinan OPD dapat melibatkan seluruh ASN di lingkungan kerja masing-masing dengan membawa peralatan kerja bakti.

Ilustrasi nyamuk DBD
Ilustrasi nyamuk DBD (Net)

Dinstruksikan juga para Camat dapat mengajak seluruh hukum tua bersama perangkat untuk menghimpun masyarakat membersikan lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Baca: Gara-gara DBD Sekprov Sulut Turun Langsung Pimpin Kerja Bakti Massal

Juga kepada Kepala Dinas Pendidikan agar menginstruksikan seluruh sekolah untuk membersikaan lingkungan sekolah masing-masing.

“Bagi Desa atau Kelurahan yang memiliki kesepakatan waktu kerja bakti agar dapat menyesuaikan sesuai waktu yang disepakati," katanya

Kabag Humas juga mengatakan agar Dinas Kesehatan menginstruksikan para kepala puskesmas untuk melakukan fogging di wilayah yang rawan DBD.

Baca: ASN Manado Kerja Bakti Massal Cegah DBD

"Khusus Kepala Lingkungan Hidup agar mengatur pembagian wilayah untuk mobil pengangkut sampah,” papar Pangerapan.

Kerja bakti akan dipantau oleh Asisten I diwilayah Dapil III, Asisten II di wilayah Dapil II, Asisten III Dapil I dan Inspektur Daerah di wilayah Dapil IV selanjutnya hasil pemantauan akan dilaporkan kepada Bupati dan Wakil Bupati Minahasa. (eas)

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved