Universitas Sam Ratulangi

Prof Ellen Kumaat: Unsrat Siap Hadapi Era Industri 4.0

Rektor Unsrat Manado Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA mengajak civitas academica Unsrat untuk bekerja lebih keras di tahun 2019.

Prof Ellen Kumaat: Unsrat Siap Hadapi Era Industri 4.0
ISTIMEWA
Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA mengajak civitas academica Unsrat untuk bekerja lebih keras di tahun 2019.

Permintaan itu disampaikan Kumaat dalamnya Rapat Kerja Unsrat 2019 di auditorium Unsrat, Kamis (10/1/2019).

"Unsrat tak boleh ketinggalan dalam menyusun langkah-langkah strategis demi mencetak lulusan berkualitasnya Mari bekerja keras, bekerja cerdas, berbudaya tinggi," kata Ellen sebagaimana dalam rilis ke tribunmanado.co.id.

Baca: Perayaan Natal Universitas Sam Ratulangi Manado

Ellen mengingatkan jajarannya beberapa hal penting yang harus dikerjakan tahun ini. Satu di antaranya ialah perubahan kebijakan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Ia mengingatkan agar penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan transparan dan mengikuti perkembangan teknologi informasi.

Baca: Rektor Ellen Kumaat Tegaskan Bakal Berantas Pungli di Universitas Sam Ratulangi Manado

"Perubahan kebijakan demi menjaring calon mahasiswa berkualitas sesuai perkembangan era digital," katanya.

Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA mengajak civitas academica Unsrat untuk bekerja lebih keras di tahun 2019.
Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA mengajak civitas academica Unsrat untuk bekerja lebih keras di tahun 2019. (ISTIMEWA)

Mulai tahun 2019, kata Ellen, penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan institusi nirlaba Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer.

Baca: Ellen Kumaat Lantik Wakil Rektor Baru Universitas Sam Ratulangi

Kemudian, Ellen mengatakan bahwa Unsrat siap membangun ekosistem perguruan tinggi yang merespon era industri 4.0. "Mari kita mulai dari perubahan paradigma mulai dari pimpinan unit kerja, staf pendidik dan seluruh bagian," katanya.

Bagaimana Unsrat bisa melakukan perubahan? Kata Ellen dimulai dari melakukan 'self disruption'. "Dengan kata lain kita harus melakukan transformasi dengan mendisrupsi diri sendiri. Terbuka terhadap paradigma baru," katanya.

Menjawab kebutuhan itu, rektor menilai Unsrat perlu melakukan re-orientasi kurikulum yang mampu merespon perkembangan teknologi digital.

"Perubahan ini demi menghasilkan lulusan yang mahir teknologi digital, kompetensi sosial dan bermotivasi long learning," ujar Ellen.

Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Kumaat MSc DEA
Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Kumaat MSc DEA (ISTIMEWA)

Kemudian, ia mengingatkan pentingnya database e-journal nasional yang bisa diakses gratis peneliti, dosen dan mahasiswa. Rektor berharap itu dimanfaatkan untuk pengembangan kualitas Unsrat.

Baca: Rektor Unsrat Bicara Kedaulatan Energi Indonesia di UNEP-UN City Kopenhagen

"Demikian pula Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) kita harus mudah diakses lembaga akreditasi, pemerintah, maupun masyarakat sehingga kita bisa menjamin pelaksanaan penjaminan mutu yang transparan," katanya.

Dalam raker yang bertema Unsrat yang Berbudaya Menerobos Revolusi Industri 4.0, para peserta diminta berpakaian khas daerah. Hal ini sesuai tema raker, Unsrat yang modern tapi tetap berpijak pada budaya

Peserta raker ialah jajaran Rektorat Unsrat, dekan, wakil dekan, ketua jurusan, sekretaris jurusan, koordinator program studi, kepala laboratorium, kepala bagian dan kasubag. (ndo)

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved