Berita di Bolsel

KPU Bolsel Fokus Pada Kegiatan Sosialisasi

KPU di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) saat ini sementara fokus pada kegiatan-kegiatan sosialisasi.

KPU Bolsel Fokus Pada Kegiatan Sosialisasi
ISTIMEWA
KPU Bolsel 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU-Semakin dekatnya hari pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang terhitung tinggal tiga bulan. Maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) saat ini sementara fokus pada kegiatan-kegiatan sosialisasi.

"Dari Januari, Februari, dan Maret tahun ini, kita fokus pada kegiatan sosialisasi," jelas Romi Pobela, satu diantara Komisioner KPU Bolsel, Jumat (11/1/19).

Berkaitan dengan hal tersebut, maka KPU akan menggelar rapat koordinasi internal bersama Badan Adhock yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Bolsel.

Baca: Ketua KPU Bolsel Pastikan Tidak Akan Menambah Anggota PPK PPS

"Salah satu yang akan dibahas adalah rencana kerja dan kesiapan partisipasi masyarakat," jelasnya.

Dijelaskan, kurang lebih ada enam poin yang akan menjadi bahan sosialisasi KPU nanti. Diantaranya, mengenai pindah pemilih, surat suara pemilihan legislatif, dan pemilihan presiden, tata cara pencoblosan, tahapan kampanye, dan hari pemungutan suara. "Jadi ini yang menjadi poin-poin akan kita sosialisasikan dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih," jelasnya.

Baca: KPU Bolsel Validasi Surat Suara

Kata dia, target partisipasi pemilih secara Nasional oleh KPU RI sebesar 77,5 persen. Sementara Bolsel menargetkan diatas angka tersebut. "Insya Allah target kita 80 persen dari 45.513 wajib pilih sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir," katanya.

Baca: Ketua KPU Bolsel Angkat Bicara Terkait Kotak Suara Kardus

Di sisi lain, Romi menyebutkan, satu diantara langkah teknis yang akan dilakukan KPU dalam proses sosialisasi adalah melibatkan relawan demokrasi di 11 basis pemilih. "11 basis pemilih ini artinya masing-masing memiliki segmen yang berbeda," ucapnya.

Ke 11 basis dimaksud, yaitu Basis Keluarga, Basis Pemilih Pemula, Basis Pemula Muda, Basis Pemilih Perempuan, Basis Pemilih Penyandang Disabilitas, Basis Pemilih Berkebutuhan Khusus, Basis Pemilih Marginal, Basis Pemilih Komunitas, Basis Pemilih Keagamaan dan Basis Warga internet. "Akan direkrut masing-masing lima relawan tiap basis," tandasnya. (lix)

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Herviansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved