Kawatu: Berkas Pencairan Menumpuk di Akhir Tahun

Seperti sudah jadi kebiasaan, perangkat daerah ramai-ramai mengajukan dokumen pencairan dana jelang akhir tahun anggaran.

Kawatu: Berkas Pencairan Menumpuk di Akhir Tahun
Tribun Manado
Gemmy Kawatu 

Kawatu: Berkas Pencairan Menumpuk di Akhir Tahun

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO -  Seperti sudah jadi kebiasaan, perangkat daerah ramai-ramai mengajukan dokumen pencairan dana jelang akhir tahun anggaran.

Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Sulut, Gemmy Kawatu mengatakan, dampaknya pegawai keuangan seperti diserbu tumpukan berkas.

"Biasa sehari kita proses seratus, kalau sudah mau dekat akhir tahun sampai ribuan per hari, berkas menumpuk di keuangan," kata Gemmy Kawatu kepada tribunmanado.co.id, Jumat (11/1).

Jadinya Dinas Keuangan berjibaku ibarat kejar tayang. Gemmy menyampaikan, situasi seperti itu membuat potensi risiko dana tidak cair.

"Kalau sudah numpuk ribuan, kadang ada berkas tidak lengkap, terpaksa dikembalikan," kata dia.

Dampaknya tidak hanya ke pemerintah, ke pihak ketiga misalnya, kalau dana tidak cair pasti rugi. Kelengkapan berkas wajib dipenuhi, ia tak mau menandatangani kalau tidak lengkap

Kebiasaan mengajukan berkas di akhir tahun, kata Gemmy harus jadi bahan evaluasi, ke depan tak lagi demikian. Sudah diatur serapan anggaran ada target per triwulan, jika dipenuhi berkas pencairan tak akan menumpuk di akhir tahun.

"Mudah-mudahan ada perubahan," kata dia.

Berkas sudah menumpuk bisa mengurangi ketelitian, padahal satu rupiah saja salah tidak diakui pemeriksa keuangan.Ia cerita pengalaman ketika di laporan keuangan ada selisih Rp 100 ribu.

”Laporan itu tidak diterima pemeriksa keuangan, harus dicari selisihnya. 3 orang pegawai keuangan ditugaskan mencari,bahkan sampai harus kirim orang ke Jakarta untum koordinasi cari selisih ini "3 hari baru dapat," kata dia. 

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved