Jemaah Calon Haji Bolmong Ikuti Sosialisasi Perdana

para calon haji juga diminta untuk mempersiapkan syarat administrasi sebelum berangkat ke Tanah Suci yakni paspor

Jemaah Calon Haji Bolmong Ikuti Sosialisasi Perdana
Tribun Manado
Para jemaah calon haji di Bolmong mendengarkan sejumlah hal terkait persiapan ke Tanah Suci dalam sosialisasi yang digelar Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolmong, Jumat (11/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Maickel Karundeng

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Sekitar 50 jemaah calon haji di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow mulai diberikan sosialisasi terkait persiapan pemberangkatan haji musim 2019, Jumat (11/1/2019).

Kegiatan digelar Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolmong.

Sosialisasi ini turut menghadirkan tim dari Dinas Kesehatan yang khusus bertugas melakukan pemeriksaan dan pelayanan kesehatan jemaah.

Koordinator Tim Kesehatan Dinkes, Dokter Debby Kulo MKes mengatakan, pemeriksaan kesehatan tahap pertama bagi calon haji merupakan tahap penting dalam persiapan menunaikan ibadah haji.

"Melalui pemeriksaan kesehatan akan diperoleh informasi mengenai riwayat kesehatan masing-masing jemaah serta penanganan kesehatan lebih lanjut jika memang diperlukan agar tak mengganggu perjalanan ibadah haji," terang dokter yang bertugas di Puskesmas Lolak ini.

Baca: Masih Usia 18 Tahun, Pemuda Ini Jadi Jemaah Calon Haji Termuda di Manado

Baca: Jemaah Calon Haji Bolmong Diingatkan terkait Sholat 40 Waktu di Masjid Nabawi

Hendrongi Ngampo selaku Penyelenggara Haji dan Umrah menuturkan, pemeriksaan kesehatan tahap I rencananya digelar pada akhir Januari.

"Insyaallah akhir Januari sudah mulai pemeriksaan kesehatan tahap pertama. Untuk itu kami mohon Bapak dan Ibu calon haji untuk dapat menjaga kesehatan agar kondisi tubuh dalam keadaan fit," ucap Hendro.

Selain sosialisasi mengenai pemeriksaan kesehatan, para calon haji juga diminta untuk mempersiapkan syarat administrasi sebelum berangkat ke Tanah Suci yakni paspor.

Paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antarnegara.

Paspor ini berisi identitas pemegangnya yang meliputi antara lain foto pemegang, tanda tangan, tempat dan tanggal kelahiran, informasi kebangsaan dan terkadang memuat beberapa informasi lain mengenai identifikasi individual.

Baca: Bupati Yasti Lepas Keberangkatan 41 Jemaah Calon Haji Bolmong

Baca: Ketua TP PKK Boltim Nursiwin Dunggio Beri Santunan Tali Kasih kepada 13 Jemaah Calon Haji

Hendrongi menjelaskan, pembuatan paspor memerlukan beberapa dokumen diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan Akta Kelahiran.

"Jadi untuk memperlancar pengurusan paspor, semua dokumen tersebut harus segera disiapkan. Untuk pembuatan paspor di Kantor Imigrasi akan didampingi oleh pegawai dari Seksi PHU, jadi jangan khawatir," katanya. (*)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved