Perhotelan

Ini Harapan Perhotelan di Manado, Jangan Sepelekan Aturan Bagasi Berbayar oleh Maskapai

soal kebijakan terbaru maskapai yang memberlakukan bagasi berbayar bagi penumpang rute domestik. Hal ini akan berpengaruh pada pariwisata

Ini Harapan Perhotelan di Manado, Jangan Sepelekan Aturan Bagasi Berbayar oleh Maskapai
Tribun Manado
Sintesa Peninsula Hotel Manado 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- Kalangan hoteliers di Manado berharap program kerja sama mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sulut ditingkatkan. Sejauh ini, Pemprov Sulut sukses menggagas penerbangan langsung Charter dari lima kota di Tiongkok ke Manado menggunakan jasa Maskapai Lion Air.

Public Relations Sintesa Peninsula Hotel Manado Augina Wowor mengatakan, perhotelan jelas berharap jumlah wisman naik. "Apa yang berjalan selama ini sudah baik tapi lebih bagus jika wisman yang datang tidak hanya dari China. Bagaimana mendatangkan turis dari berbagai negara. Korea, Jepang Eropa dan lain-lain," ujar Gina, Kamis (10/1/2019).

Katanya, semakin banyak operator wisata yang berkolaborasi dengan pemerintah untuk mendatangkan wisman ke daerah ini semakin baik. "Dengan begitu dampak yang akan dirasakan semakin baik," ujarnya.

Baca: Faktor Ini Jadi Alasan Pengusaha Perhotelan Adukan Agen Travel Online

Baca: Nikmati Malam Pergantian Tahun Baru Dengan Gala Dinner di Sintesa Peninsula Hotel Manado

Kemudian, ia mengingatkan soal kebijakan terbaru maskapai yang memberlakukan bagasi berbayar bagi penumpang rute domestik.

Hal menurutnya berpengaruh besar pada dunia pariwisata. "Jika sebelumnya turis lokal belanja banyak untuk oleh-oleh, mereka akan pikir dua kali berbelanja karena bagasi tak gratis lagi. Ini perlu jadi perhatian dan mempengaruhi daya beli dan konsumsi turis," katanya.

Baca: Bank Sampah Bakal Menjangkau Industri Perhotelan dan Restoran di Manado

Sebelumnya, Lion Air mulai memberlakukan bagasi berbayar ke penumpang sejak 8 Januari dan akan efektif berlaku 22 Januari setelah masa sosialisasi.

Baca: Perhotelan di Manado Keluhkan Pemadaman

Langkah Lion Air pun diikuti Citilink yang juga akan menerapkan bagasi berbayar bagi penumpang domestik dalam waktu dekat.

Harapan lainnya datang dari Marketing Communication Whiz Prime Hotel Megamas Manado, Rachel Wullur. Menurutnya, perhotelan di Manado sangat berharap pemerintah melakukan terobosan agar jumlah wisatawan berkunjung. "Sama-sama kita memperkuat promosi dan kampanye secara langsung maupun lewat media sosial," katanya.

Whiz Prime Hotel Manado menggelar upacara dalam rangka HUT ke-73 RI, Jumat (17/08/2018).
Whiz Prime Hotel Manado menggelar upacara dalam rangka HUT ke-73 RI, Jumat (17/08/2018). (IST)

Seiring dengan itu, peningkatan infrastruktur penunjang dan pemeliharaan objek wisata. Misalnya pengadaan jalan akses memadai, toilet, pusat informasi dan perawatan rutin di objek wisata.

"Sehingga wisman dan turis lokal nyaman, betah dan mendapatkan pengalaman berkesan liburan di Sulut," katanya. (ndo)

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved