Berita di Kotamobagu

DLH Kotamobagu Pada 2019 Akan Tambah TPS

Tahun ini DLH Kotamobagu akan berupaya untuk penambahan Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

DLH Kotamobagu Pada 2019 Akan Tambah TPS
TRIBUNMANADO/VENDI LERA
Harian (Plh) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu Nasrun Gilalom, Selasa (1/5/2018) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Kotamobagu terus meningkatkan pelayanannya dalam hal pengangkutan sampah. Tahun ini DLH akan berupaya untuk penambahan Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

"Kita berupaya menambah TPS. Dan untuk itu selain mengusahakan dengan APBD, kita sudah berkoordinasi dengan sangadi di desa yang ada untuk pengadaan TPS di setiap desa," ujar Nasrun Gilalom Kepala DLH Kotamobagu. Jumat (11/01/2019).

Lanjut Nasrun, sangadi menanggapinya baik. Dan nantinya akan dimasukkan dalam perencanaan kegiatan di desa.

"Bahkan sebelumnya sudah ada sangadi yang mengusahakan adanya motor sampah," ujar Nasrun. 
Nasrun menjelaskan bahwa TPS sangat membantu dalam pengangkutan sampah dari rumah warga. "TPS untuk menampung sementara sampah dari rumah warga. Menunggu mobil sampah datang untuk mengangkut," ujar Nasrun.

Baca: 5 Truk Sampah di DLH Kotamobagu Rusak Berat

Pemerintah Kotamobagu memang sangat peduli dengan kebersihan kota hingga ke desa dan kelurahan. Sudah beberapa tahun ini secara berturut pemerintah Kotamobagu menerima penganugerahan adipura.

Dan untuk Adipura 2018 akan segera diterima pemerintah Kotamobagu. Pada Senin pekan depan, Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara diundang Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Baca: Ini Komentar Kepala DLH Kotamobagu Mendengar Informasi Sampah Menumpuk Lima Hari

"Wali kota diundang untuk penganugerahan adipura," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kotamobagu Adnan kepada Tribun Manado.

Kepala DLH Kotamobagu Nasrun Gilalom
Kepala DLH Kotamobagu Nasrun Gilalom (TRIBUNMANADO/HANDHIKA DAWANGI)

Dalam undangan yang ditandatangai Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya Rosa Vivien Ratnawati penyerahan anugerah Adipura akan dilaksanakan oleh wakil presiden RI.

Baca: Ini Komentar Kadis DLH Kotamobagu Terkait Retribusi Sampah

Untuk waktunya yakni Senin 14 Januari 2019 pukul 10.00 Wit di Auditorium Dr Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Jalan Gatot Subroto Jakarta Barat. "Rencananya wali kota yang akan langsung menerima penghargaan tersebut," ujar sekda.

Proses panjang telah dilaksanakan Tim penilai Adipura 2018 dari pemerintah pusat. Semua tahapan penilaian telah dilaksanakan, mulai dari P1, P2, dan verifikasi.

Ada satu persyaratan tambahan pada aturan yang baru yakni mengenai perencanaan pengelolaan sampah juga sudah dipenuhi.

Sesuai regulasi baru. Syarat tambahan pada penilaian adipura yakni Perwako Kebijakan Strategi Daerah Kotamobagu dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga. (dik)

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved