Bawaslu

Bawaslu Manado Tertibkan 107 APK

Bawaslu Manado bersama jajaran PanwascaM telah melaksanakan pengawasan dan penindakan alat peraga kampanye APK yang melanggar aturan

Bawaslu Manado Tertibkan 107 APK
ISTIMEWA
Bawaslu Manado Lakukan Penertiban 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Badan pengawas Pemilihan umum (Bawaslu) tingkat kota Manado bersama jajaran Pengawas kecamatan (Panwascam) telah melaksanakan pengawasan dan penindakan alat peraga kampanye (APK) yang melanggar aturan.

Menurut komisioner Bawaslu Kota Manado, apa yang mereka lakukan memiliki landasan hukum dilakukan bersama komponen lainnya mulai Bawaslu Manado, Panwascam dan panwas kelurahan, instansi terkait satpol PP dan kepolisian.

"Kegiatan pengawasan dan penindakan APK yang melanggar aturan kami lakukan pada Kamis (10/1) kemarin, dengan jumlah APK 107 tersebar di 11 Kecamatan di Kota Manado didominasi oleh APK Caleg DPRD Kota Manado sabanyak 59," tutur Marwan Kawinda Ketua Bawaslu Kota Manado didampingi Taufik Bilfaqih dan Heard Runtuwene anggota Bawaslu Manado, Jumat (11/1/2019).

Bawaslu Manado melakukan penertiban APK yang melanggar aturan
Bawaslu Manado melakukan penertiban APK yang melanggar aturan (ISTIMEWA)

Baca: Bawaslu Manado Belum Temukan Pelanggaran Terkait Isu Caleg Ikut Pembagian Bantuan Lansia

Dijelaskannya dari 107 APK yang ditertibkan di 11 Kecamatan, paling menonjol di Kecamatan Mapanget dengan 18 APK, Singkil 18, Tuminting 17 dan Wenang 16 (lihat grafis).

Baca: Taufik: Bawaslu Manado Minta Kritik dan Saran untuk Evaluasi

Sedangkan unuk APK partai politik (parpol) dari capres/cawapres hanya 1, calon DPD RI 8, Caleg DPR RI 16, Caleg DPRD Provinsi 23 dan Caleg DPRD Manado 59.

Baca: Lantaran Soal Baliho, Bawaslu Manado Tegur Bacaleg

Dalam data yang disampaikan Bawaslu Kota Manado calon anggota DPD RI Djafar Alkatiri paling banyak APK nya yang ditertibkan sebanyak 3 APK, sedangkan pada caleg DPR RI pemilik APK yang ditertibkan paling banyak caleg atas nama Stepahi Sacharissa Khosuma 5 APK, pemilik APK DPRD Provinsi paling banyak Arthur A Kotambunan 4 APK dan untuk APK milik caleg Kota Manado yang ditertibkan Bawaslu Manado paling banyak caleg atas Nama Abdul Malik 3 APK dan Rini Yulita Walandow 4 APK.‎(crz)

Jumlah APK per Kecamatan:
1.Mapanget 18 APK,
2. Singkil 18,
3. Tuminting 17
4. Wenang 16
5. Paal 2 8
6. Malalayang 7
7. Sario 7
8. Wanea 9
9. Tikala 5
10. Bunaken 4
11. Bunaken Kepulauan 2

Peserta Pemilu/Tim kampanye Pemilik APK

- PDI Perjuangan 29 APK
- Nasdem 12
- Demokrat 11
- PSI 10
- Gerindra 7
- Perindo 5
- PPP 5
- Golkar 5
- PKS 3
- PKB 3
- Berkarya 2
- PBB 1

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved