Bawaslu Harus Tegas, Umumkan Parpol Paling Banyak Langgar APK

Bawaslu harus tegas bagi parpol sebab masih banyak APK yang dipasang di tempat-tempat yang tidak diperbolehkan

Bawaslu Harus Tegas, Umumkan Parpol Paling Banyak Langgar APK
Ferry Liando 

Bawaslu Harus Tegas, Umumkan Parpol Paling Banyak Langgar APK

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Bawaslu harus tegas bagi parpol sebab masih banyak APK yang dipasang di tempat-tempat yang tidak diperbolehkan. Demikian Pengamat Politik Sulawesi Utara, Ferry Liando.

"Padahal Undang Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 bilang pemasangan APK tidak boleh dipasang di jembatan, tempat ibadah, dan fasilitas umum," ujar Dosen Unsrat ini.

Di beberapa lokasi itu ada APK itu yang dipasang di jembatan, di pohon dengan cara dipaku. Namun sebelum bawaslu melakukan penertiban APK yang dianggap melanggar aturan, bawaslu harus terlebih dahulu membuat surat pemberitahuan ke parpol yang parpolnya melakukan pelanggaran pemasangan APK.

Baca: Bawaslu Manado Tertibkan APK di Panti Asuhan dan Gereja

Jika dalam tiga hari tidak ada tindak lanjut dari parpol yang bersangkutan, maka bawaslu bisa melakukan penindakan. Bawaslu harus mengumumkan kepada publik parpol mana yang paling banyak melakukan pelanggaran APK.

"Ini bisa jadi pendidikan politik bagi masyarakat untuk memilih. Jika masih kampanye sudah berbuat curang lalu bagaimana jika parpol ini memimpin. Jika di awal sudah curang maka, Kedepan apapun yg dilakukannya pasti akan selalu curang," katanya.

Selama ini jika penyelenggara melakukan hal-hal yang dianggap tidak sesuai, informasinya langsung jadi viral dan yang paling banyak mempersoalkan itu adalah parpol.

"Padahal parpol juga tidak kalahnya bermain curang. Namun demikian bawaslu tetap bertindak adil dalam penertiban," jelas Liando. (fin)

Penulis: Finneke Wolajan
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved