Adam Jelaskan Pentingnya Memiliki Kartu KUSUKA

Ini adalah satu diantara upaya Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam rangka perlindungan dan pemberdayaan pelaku usaha .

Adam Jelaskan Pentingnya Memiliki Kartu KUSUKA
TRIBUNMANADO/FERDINAND RANTI
Adam Gobel 

Adam Jelaskan Pentingnya Memiliki Kartu KUSUKA

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU -Kepala Seksie (Kasie) Sarana dan Prasarana Bidang Perikanan Tangkap dan Daya Saing Produk Kelautan di Dinas Perikanan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Adam Gobel, menjelaskan pentingnya memiliki Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (KUSUKA), Jumat (11/1) di ruang kerjanya.

Kata dia, ini adalah satu diantara upaya Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam rangka perlindungan dan pemberdayaan pelaku usaha dalam percepatan pelayanan, peningkatan kesejahteraan, dan menciptakan efektivitas serta efisiensi program pemerintah dalam pendataan pelaku usaha agar tepat sasaran.

"Ini sesuai dengan peraturan menteri kelautan dan perikanan nomor 39 tahun 2017 sebagai landasan hukum pelaksanaan kegiatan kartu KUSUKA baik di pusat maupun di daerah," jelasnya.

Sebelumnya kata dia, KKP pernah menerbitkan beberapa kartu identitas profesi untuk masing-masing Pelaku Usaha berdasarkan unit eselon I teknis.

"Ini juga untuk memudahkan dalam pemantauan serta evaluasi pelaksanaan program Kementrian," jelasnya.

Dikatakannya, yang layak mendapatkan kartu ini adalah untuk perorangan maupun korporasi seperti nelayan kecil, nelayan tradisional, nelayan buruh, dan nelayan pemilik.

"Juga pembudidaya ikan, petambak garam, pengolah ikan, pemasar perikanan, dan penyedia jasa pengiriman produk kelautan dan perikanan," jelasnya.

Untuk memasukan usulan agar menerima kartu tersebut bisa langsung ke dinas terkait maupun kepada penyuluh perikanan yang tersebar di Bolsel.

"Nanti akan melewati proses validasi data oleh biro perencanaan, Sekjen KKP sesuai lampiran KTP. Setelah dinyatakan valid kartu akan diberikan dicetak sesuai bank yang bekerjasama," tuturnya.

Kartu ini sangat penting ketika ada pemeriksaan kemanan dilaut, apalagi saat ini sudah ada aturan tentang penggunaan alat tangkap dan jarak rumpon.

"Pada intinya akan memudahkan pengusaha kelautan," tandasnya. 

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved