Berita di Kotamobagu

Serda Ruben Bantu Pemupukan Jagung Petani di Bungko

Babinsa Koramil 1303-01/Kotamobagu Serda Ruben Mailakay membantu pemupukan tanaman jagung milik Rudi Kobandaha

Serda Ruben Bantu Pemupukan Jagung Petani di Bungko
ISTIMEWA
Serda Ruben 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU- Babinsa Koramil 1303-01/Kotamobagu Serda Ruben Mailakay membantu pemupukan tanaman jagung milik Rudi Kobandaha yang berada di Desa Bungko Kecamatan Kotamobagu Selatan Kota Kotamobagu, Rabu (09/01/2019).

“Selain pemupukan, di lahan jagung berusia 30 hari ini juga dilakukan pembersihan dan pencabutan rumput liar (gulma) yang tumbuh di sekitar tanaman induk,” ujar Serda Ruben.

Baca: Serda Udin Bantu Petani Panen Padi di Desa Mopusi Bolmong

Diakui, pendampingannya kepada petani tidak hanya sebatas pembersihan dan pemupukan, tetapi juga berupaya meningkatkan produktivitas hasil panen. Dan untuk mencapai hal itu, maka perawatan secara intensif harus dilakukan.

“Perawatan secara rutin perlu dilakukan agar hasil panen dapat sesuai dengan harapan. Tanaman pengganggu yang tumbuh di antara tanaman utama bisa mengganggu karena bersaing dengan tanaman utama dalam memperoleh unsur hara, air, cahaya dan ruang tumbuh, sehingga produksi tanaman menjadi tidak optimal,” terangnya.

Baca: Serda Debi Bantu Petani di Bolmut Cabut Benih Padi

Kegiatan ini disambut baik oleh petani. Bahkan petani merasa lebih termotivasi untuk lebih giat mengolah lahannya.

“Terima kasih kepada TNI AD, khususnya Babinsa Koramil 1303-01/Kotamobagu yang telah memberikan pendampingan yang sangat berarti kepada petani,” kata Rudi. (kel)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved