Dapat Penghargaan Kota Cerdas dari Kompas, Wali Kota Lumentut: Saya Banyak Belajar dari Ibu Risma

Orang nomor satu di Manado itu mengatakan, dalam bekerja membangun Kota Manado, dirinya tidak pernah berharap mendapatkan penghargaan

Dapat Penghargaan Kota Cerdas dari Kompas, Wali Kota Lumentut: Saya Banyak Belajar dari Ibu Risma
ISTIMEWA
Wali Kota Manado bersama sejumlah wali kota lainnya diabadikan seusai menerima penghargaan Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) tahun 2018 dari Kompas Gramedia di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta Pusat, Rabu (9/1/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Wali Kota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA menerima langsung penghargaan untuk Kota Manado sebagai Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) tahun 2018 kategori kota sedang yang diberikan Kompas Gramedia.

Bertempat di gedung Kompas Gramedia, Jakarta Pusat, Rabu (9/1/2018), Wali Kota Vicky hadir bersama sejumlah kepala daerah yang juga menerima penghargaan yang sama.

Para kepala daerah tersebut, yakni Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, dan Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran.

Dalam siaran pers yang diterima tribunmanado.co.id dari Bagian Pemerintahan dan Humas Pemkot Manado, Kota Manado disebut menempati posisi teratas dalam kategori kota menengah dengan nilai 59,04.

Di bawah Manado ada Kota Salatiga (58,99) dan Kota Yogyakarta (58,96).

Baca: Patut Bangga Manado Jadi Nomor Satu Kota Cerdas

Baca: Manado Masuk 15 Besar Kota Cerdas Se-Indonesia

Penghargaan IKCI diberikan kepada kota-kota yang dinilai mampu dengan indikator penilaian meliputi lingkungan, mobilitas, ekonomi, masyarakat, pemerintahan dan kualitas hidup.

Pemberian penghargaan dibagi dalam empat kategori yakni Kota Metropolitan dengan jumlah penduduk di atas 1 juta jiwa, Kota Besar 500 ribu sampai 1 juta jiwa, Kota Sedang dengan penduduk 100 ribu sampai 500 ribu, dan Kota Kecil di bawah 100 ribu penduduk.

Seusai menerima penghargaan tersebut, Vicky bersama para wali kota serta narasumber lainnya diajak terlibat dalam diskusi terkait langkah-langkah yang diambil pemerintah masing-masing dalam mewujudkan kota cerdas.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Manado itu mengatakan, dalam bekerja membangun Kota Manado, dirinya tidak pernah berharap mendapatkan penghargaan.

Menurutnya, penghargaan merupakan bentuk apresiasi terhadap apa yang telah dilakukan pemerintah, masyarakat dan stakeholder di Kota Manado.

Baca: Tetty Impikan Minsel Jadi Kota Cerdas, Tahun Depan Pemkab Rencanakan Bagun Command Center

Baca: Wali Kota Eman Semangat Ikut Penilaian Kota Cerdas

"Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Manado tentunya menyampaikan terima kasih kepada pihak Kompas yang telah menetapkan Manado peringkat pertama Indeks Kota Cerdas Indonesia kategori kota sedang. Kami tidak tahu jika kerja kami dinilai dan diapresiasi dalam bentuk penghargaan. Bagi saya, bekerja untuk kepentingan masyarakat adalah pekerjaan yang harus kami lakukan tanpa mengejar penghargaan," kata Vicky.

Halaman
12
Penulis: Arthur_Rompis
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved