Berita di Sulut

Tumbelaka: Debat Pembuka Pilpres Harus Tampil Menarik

Pengamat politik Sulawesi Utara, Taufik Tumbelaka menganalisa sebagai calon presiden dan wakil presiden tentunya mempunyai tim pemikir

Tumbelaka: Debat Pembuka Pilpres Harus Tampil Menarik
TRIBUN MANADO/RYO NOOR
Taufik Tumbelaka 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pengamat politik Sulawesi Utara, Taufik Tumbelaka menganalisa sebagai calon presiden dan wakil presiden tentunya mempunyai tim pemikir yang mumpuni guna membantu mempertajam pandangan para kandidat.

"Terlebih Joko Widodo dan Prabowo telah berpengalaman dalam menghadapi debat capres, maka tentunya sudah siap materi debat dan juga siap mental," ujarnya.

Debat dengan materi hukum, HAM dan terorisme nampaknya tidak akan terjadi silang pendapat yang tajam antar pasangan kandidat dikarenakan materi tersebut penting dalam kekinian Indonesia

"Namun bersifat umum di mana dapat diprediksi pandangan-pandangan dasar mereka akan relatif sama. Kalaupun ada yang berbeda adalah hanya masalah cara menangani hal-hal tertentu, maka karena kemungkinan tidak ada perbedaan yang kuat," ujarnya.

Baca: Toar Palilingan : Hukum dan Korupsi dan HAM Jadi Isu Saling Serang Dalam Debat Pilpres

Baca: Debat Perdana Pilpres Bahas Isu Korupsi dan HAM, Ini Tanggapan dari Pengamat Politik Sulut

Baca: Jelang Debat, PDIP Sulut Beri Masukan ke TKN Jokowi, Gerindra Paparkan Masalah Kopra ke Hasjim

Dalam debat dengan materi hukum, HAM dan terorisme yang diharapkan adalah para kandidat dapat tampil menarik dengan pandangan yang kuat terkait masalah yang ada sehingga menimbulkan antusiasme masyarakat terhadap proses pilpres.

"Jika debat pembuka ini dapat berlangsung sesuai ekspektasi maka debat-debat berikut akan mendapat perhatian masyarakat," tuturnya.

Debat pembuka nampaknya akan lebih ke arah "pemanasan" dikarenakan para kandidat akan memakai strategi cari aman dikarenakan masih ada debat-debat berikutnya.

Di mana menjadi bagian penting dari strategi memperoleh simpati publik. Kalaupun terjadi yang sedikit hangat adalah masalah seputaran penegakan hukum.

TONTON JUGA:

Penulis: Finneke Wolajan
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved