Dua Parpol di Mitra Tak Punya Pengurus, Tim Kampanye Capres Prabowo-Sandiaga Juga Tak Ada di Mitra

Dua Parpol di Mitra Tak Punya Pengurus, Tim Kampanye Capres dan Prabowo-Sandiaga Juga Kosong

Dua Parpol di Mitra Tak Punya Pengurus, Tim Kampanye Capres Prabowo-Sandiaga Juga Tak Ada di Mitra
Istimewa
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa Tenggara, melansir 13 partai politik (parpol) peserta pemilihan umum (pemilu) presiden dan legislatif 2019 yang telah menyampaikan laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) tepat pada waktunya. 

Dua Parpol di Mitra Tak Punya Pengurus, Tim Kampanye Capres dan Prabowo-Sandiaga Juga Kosong

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa Tenggara, melansir 13 partai politik (parpol) peserta pemilihan umum (pemilu) presiden dan legislatif 2019 yang telah menyampaikan laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) tepat pada waktunya.

Menurut Ketua KPU Mitra Wolter Dotulong, dari 16 parpol peserta pemilu, ada tiga partai yang tidak menyampaikan LPSDK hingga batas waktu yang diberikan (2/1/2019) pukul 18.00 wita.

Ketiga parpol itu adalah Garuda, PKB dan PBB serta tim kampanye pasangan calon presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tidak ada tim kampanye di Mitra.

"Tiga parpol yang tidak sampaikan LPSDK, karena partai Garuda tidak ada caleg di Mitra. Sedangkan PKB dan PBB tidak ada pengurus di Mitra," kata Dotulong melalui Otnie Tamod Komisioner KPU Mitra Divisi Hukum dan Pengawasan, Selasa (8/1/2019).

Baca: Kecelakaan Lalu Lintas Tunggal di Belang, Pengendara Bentor luka-luka

Baca: Pemilu Telan Triliunan Rupiah, KPU dan Bawaslu Siap Kerja Maksimal Sukeskan Pemilu

Lanjutnya, hasil klarifikasi yang dilakukan ke Partai Garuda dilakukan KPU Mitra ke Sekretaris Partai Thamashalang Budiman membenarkan, tak menyampaikan laporan awal dana kampanye (LADK) dan LPSDK karena tidak ada caleg di Mitra sehingga tidak wajib sampaikan.

Selain parpol peserta pemilu, pihaknya juga melakukan klarifikasi yang sama ke Partai Gerindra terkait keberadaan tim kampanye atau tim pemenangan capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo- Sandiaga di Kabupaten Mitra.

"Tahapan ini kami juga teruskan dan sampaikan ke Bawaslu kabupaten," tambahnya.

Otnie menjelaskan, mengenai penyampaian LPSDK kepada KPU, sebagaimana dimaksud dalam pasal 34 ayat (6) dan ayat (7) peraturan KPU nomor 24 tahun 2018 tentang Dana kampanye pemilihan umum sebagaimana diubah dengan peraturan KPU nomor 34 tahun 2018 tentang dana kampanye pemilihan umum.

Dimana parpol yang tidak menyampaikan LPSDK dianggap melakukan pelanggaran administrasi dalam hal prosedur dan mekanisme penyampaian LPSDK, sehingga KPU meminta klarifikasi kepada parpol yang ada pengurus di Mitra.(crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved