8 Warga Bitung Positif DBD, 1 Dirawat di ICU

Awal tahun 2019, sudah ada 8 warga kota Bitung yang dinyatakan positif mengidap demam berdarah di kota Bitung.

8 Warga Bitung Positif DBD, 1 Dirawat di ICU
PROKAL.co
Ilustrasi 

8 Warga Bitung Positif DBD, 1 Dirawat di ICU

TRIBUNMANADO.CO.ID,BITUNG-- Awal tahun 2019, sudah ada 8 warga kota Bitung yang dinyatakan positif mengidap demam berdarah di kota Bitung.

Berdasarkan data pasien demam berdarah dari rumah sakit umum daerah (RSUD) kota Bitung dari bukan Desember 2018 hingga awal tahun 2019, sudah ada 8 pasien yang dirawat akibat penyakit demam berdarah (DBD). Dan dari data semua pasien yang positif adalah anak-anak.

Oldi Rembet Kepala Sub Bidang Umum Pelaporan Evaluasi RSUD Bitung saat dikonfirmasi tribunmanado.co.id Selasa (8/1) membenarkan ada 8 pasien demam berdarah yang di rawat di RSUD.

"Satu dirawat di ICU, empat sudah pulang dan boleh melalui proses rawat jalan dan tiga masih dirawat di ruangan biasa, Mudah-mudahan mendapat hasil optimal sehingga bisa pasien lain yang sudah pulang dan di rawat jalan," katanya.

Dijelaskannya, sampai saat ini belum ada yang dirujuk, karena selain di ruangan biasa, bisa rawat di ruangan intensif.

“Sistim perawatannya seperti di ICU lebih ketat, dokternya penanggung jawab melakukan pemeriksaan pasien lebih sering karena pasien yang dirawat di ICU butuh observasi ketat," sebutnya.

Sementara Kadis Kesehatan kota Bitung dr Franki Soriton menambahkan kondisi cuaca yang menyebabkan nyamuk berkembang dan termasuk penyebaran virus.

"Berdasarkan rapat dengan kementerian kesehatan, kami akan bekerjasama dengan pemerintah kelurahan dan kecamatan untuk mengaktifkan ulang dengan mengkampanyekan pemberantasan sarang nyamuk dengan menguras, menutup dan mengubur (3M)," tambahnya.

Ia menambahkan, warga harus mengenali tanda DBD dan ketika kedapatan keluarga yang mengalami tanda tersebut. “Jangan tunda-tunda, segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat seperti rumah sakit, puskesmas dan praktik dokter,”tuturnya.

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved