Prospek Kerja Bisa Rusak Jika Menjelekkan Kantor Lama

Wawancara kerja sepertinya berjalan dengan baik. Sebagai kandidat, kamu mendapatkan tanda yang positif dari manajer SDM.

Prospek Kerja Bisa Rusak Jika Menjelekkan Kantor Lama
Istimewa
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Wawancara kerja sepertinya berjalan dengan baik. Sebagai kandidat, kamu mendapatkan tanda yang positif dari manajer SDM.

Baca: Jangan Sampai Salah, Berikut Ini Perbedaan Penerbangan Langsung dan Nonstop

Kamu mulai merasa santai saat wawancara. Dengan santai, ia mulai bertanya tentang alasan kamu meninggalkan perusahaan terakhir.

Tanpa sadar, kamu mulai menceritakan kepadanya aspek-aspek negatif dari kantor sebelumnya. Walau mungkin apa yang kamu ungkapkan merupakan fakta, tetapi sebenarnya ada konsekuensi dari menjelekkan perusahaan tempat kita bekerja sebelumnya.

Menurut JobStreet.com, berikut adalah empat alasan kenapa menjelekkan perusahaan lama dapat merusak prospek pekerjaan:

1. Menciptakan suasana negatif

A

Ada waktu dan tempat yang tepat untuk semua hal, tetapi wawancara kerja bukan pilihan tepat menjelekkan kantor lama, termasuk memberikan informasi penting mengenai perusahaan atau operasional mereka.

Fokuslah pada aspek netral atau tidak bias dari pengalaman kerja sebelumnya.

Kendati demikian, jika kamu benar-benar harus menyebutkan poin negatif tentang perusahaan tempat bekerja sebelumnya, pastikan untuk membingkainya dengan cara yang positif.

Misalnya, jika kamu berbicara tentang fasilitas kerja yang terbatas di perusahaan, pastikan untuk mengimbangi hal lain yang positif, seperti budaya kerja yang terbuka dan kreatif, atau program pelatihan yang rutin.

Jika memungkinkan, pernyataan negatif apa pun harus dihindari agar kamu tidak menciptakan suasana negatif yang tidak dapat dihilangkan selama sisa wawancara.

Halaman
123
Tags
kerja
Editor: Alex Bryan Tarore
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved