Review Rupiah: Liburan Membuat Rupiah Stabil, IHSG Tatap 2019

Lantaran sudah mulai masuk musim libur, pergerakan rupiah cenderung terbatas di pekan ini.

Review Rupiah: Liburan Membuat Rupiah Stabil, IHSG Tatap 2019
kontan
Hitung uang rupiah 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Lantaran sudah mulai masuk musim libur, pergerakan rupiah cenderung terbatas di pekan ini. Kemarin, nilai tukar rupiah di pasar spot tercatat melemah 0,05% ke Rp 14.568 per dollar Amerika Serikat. Dalam sepekan mata uang Garuda ini cuma terdepresiasi 0,10%.

Sementara, kurs tengah rupiah Bank Indonesia (BI) berhasil menanjak 0,14% ke level Rp 14.542 per dollar AS. Tapi dalam sepekan kurs tengah rupiah terkoreksi 0,43%.

Analis Global Kapital Investama Nizar Hilmy mengatakan, rupiah cenderung bergerak stabil kali ini karena adanya libur Natal di awal pekan. Alhasil transaksi perdagangan valuta asing lebih sepi. Ujung-ujungnya, volatilitas nilai tukar mata uang rupiah minim.

Di sisi lain, penutupan pemerintahan AS sempat membuat rupiah perkasa. Namun setelah itu, investor juga mulai masuk ke bursa saham AS, yang akhirnya membuat performanya melejit. Investor kembali memburu saham di Negeri Paman Sam dengan memanfaatkan momentum koreksi yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir

Ekonom Pemeringkat Efek Indonesia Fikri C. Permana menambahkan, untuk sepekan ke depan ia memperkirakan rupiah masih akan bergerak stabil. Ini bisa terjadi terutama bila pelaksanaan lelang surat utang negara (SUN) di awal tahun sukses memboyong banyak investor masuk.

Jika target indikatif lelang SUN sukses tercapai, maka yield SUN berpotensi turun ke 7,9%. "Rupiah bisa terapresiasi ke Rp 14.450 per dollar AS," kata Fikri.

Sepekan depan, mata uang Garuda berpotensi melanjutkan penguatan dan bergerak di rentang Rp 14.425–Rp 14.625 per dollar AS. Tapi dengan catatan, inflasi Indonesia masih terjaga di level 3,0%–3,1% secara tahunan. Proyeksi serupa juga diungkapkan Nizar. Ia memprediksi rupiah bergerak di rentang Rp 14.300–Rp 14.700 per dollar AS.

Ilustrasi saham
Ilustrasi saham (kontan)

Bursa Menatap Tahun 2019

Indeks Harga saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada akhir perdagangan tahun ini. Kemarin, IHSG ditutup pada level 6.194,50 atau menguat 0,06% dibanding hari sebelumnya. Dalam sepekan terakhir, indeks saham naik 0,5%.

Asing juga mencatatkan beli bersih (net buy) Rp 857,07 miliar. Aksi beli ini lanjutan dari hari sebelumnya. Dengan demikian, dalam sepekan, total net buy investor asing mencapai Rp 890,75 miliar.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved