Ini Manfaat Jika Orangtua Sering Ikut Bermain Bersama Si Kecil

Bermain menjadi salah satu aktivitas yang paling disukai Si Kecil, terlebih jika mereka melakukannya dengan orang terdekat.

Ini Manfaat Jika Orangtua Sering Ikut Bermain Bersama Si Kecil
kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID -  Bermain menjadi salah satu aktivitas yang paling disukai Si Kecil, terlebih jika mereka melakukannya dengan orang terdekat.

Pikiran Si Kecil menjadi lebih rileks dan senang saat bermain, karena ia dapat mengeksplor dan melakukan segala hal yang ia sukai.

Beberapa permainan pun tentu saja dapat mengasah stimulasi Si Kecil sesuai dengan usia tumbuh kembang mereka.

Tak hanya dengan teman sebayanya, Si Kecil juga bisa bermain dengan orangtua.

Sebab, pada dasarnya Si Kecil memang membutuhkan pendamping atau teman ketika ia bermain, dan Moms bisa menjadi teman Si Kecil.

Selain itu, menurut Clefiena seorang founder self publishing buku edukatif anak Cleferik Doodle Books, mengungkapkan jika orangtua sering bermain dengan anak maka hal ini akan memberikan efek positif bagi orangtua.

"Kalau anak merasa orangtua adalah teman dia, teman yang paling dia percaya, maka percayalah nanti ke depannya orangtua akan lebih mudah memberitahukan anak dan lebih mudah melihat perkembangan anak," kata Clefiena saat diwawancarai pada Minggu (23/12/2018).

"Karena kan seringkali orangtua yang kadang menganggap anaknya 'kok gini sih' terus 'kenapa dia ga bisa dibilangin'. Nah, dengan sering menghabiskan waktu bersama anak, maka hal itu bisa diminimalisasi," lanjut Clefiena usai peluncuran buku 'Aku dan Rusaknya Sarang Burung Namdur'.

 
Tak hanya orangtua harus sering ikut bermain dengan anak, Clefiena pun menyarankan agar orangtua sering mengajak Si Kecil bermain di alam terbuka.

Pasalnya dengan Moms sering mengajak Si Kecil bermain di alam, maka membuat Si Kecil menjadi tidak mudah marah dan emosi.

"Anak-anak itu perlu mendapatkan udara yang segar, mendapatkan sinar matahari, behubungan dengan alam, karena di alam itu banyak sekali kebaikan untuk anak-anak, untuk kesehatan mereka dan untuk emosi mereka," jelas Clefiena ketika ditemui di Taman SPBU, Lebak Bulus.

"Kalau anak terlalu banyak di dalam ruangan itu gampang cranky, gampang emosi, sama juga seperti orang dewasa. Tapi kalau kita pergi ke alam, pikirannya lebih tenang dan rileks daripada selalu berada di dalam ruangan," lanjut Clefiena menjelaskan.

Saat Si Kecil bermain di alam, Moms juga jangan takut kotor, karena kotor sebenarnya baik untuk meningkatkan imun Si Kecil.

"Kotornya bukan berarti kotor di sampah, tapi seperti bermain lumpur, bermain tanah, karena di tanah sendiri itu ada bakteri-bakteri baik yang dibutuhkan anak," ucap Clefiena.

Editor: Rine Araro
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved