ABMM Tuntaskan Akuisisi Tambang di Kuartal I 2019

Rencana PT ABM Investama Tbk untuk mengakuisisi tambang batubara mendekati kenyataan.

ABMM Tuntaskan Akuisisi Tambang di Kuartal I 2019
kontan
Anak usaha PT ABM Investama Tbk 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Rencana PT ABM Investama Tbk untuk mengakuisisi tambang batubara mendekati kenyataan.

Jika tak ada aral melintang, pada akhir kuartal I 2019, emiten berkode saham ABMM di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini bakal membeli tambang di Kalimantan.

"Selambat-lambatnya transaksi jual beli kami lakukan di awal kuartal II 2019. Target kami pada akhir kuartal I 2019 sudah selesai," ungkap Direktur Keuangan ABMM, Adrian Erlangga kepada, KONTAN, belum lama ini.

Uji kelayakan ABMM akan rampung pada Januari mendatang. Namun Adrian belum bisa menyebutkan tambang batubara mana yang bakal mereka akuisisi.

Satu hal yang pasti, tambang tersebut memiliki produksi batubara berkalori di atas 5.000 kcal/kg. "Kami memang mengakuisisi tambang yang sudah beroperasi," imbuh dia.

Pengangkutan hasil tambang batubara
Pengangkutan hasil tambang batubara (kompas.com)

Apabila proses akuisisi ini berjalan lancar, pada kuartal kedua atau mulai pertengahan tahun depan tambang tersebut sudah menyumbang produksi secara total dan mendulang pendapatan bagi ABMM.

Adrian juga belum dapat menjelaskan berapa volume produksi tambang baru ini lantaran masih menunggu persetujuan rencana kegiatan dan anggaran biaya.

Kelak, batubara berkalori lebih dari 5.000 kcal/kg ini akan dipasarkan ke Jepang dan Taiwan. "Untuk batubara berkalori tinggi memiliki pasar beragam, tapi paling banyak Jepang dan Taiwan," sebut dia.

Menurut Adrian, dengan memproduksi batubara berkalori tinggi, keuangan ABMM tidak terlalu terdampak apabila ada fluktuasi harga batubara lantaran harganya cenderung stabil. (Ika Puspitasari)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved