Natal, Gus Dur dan Riyanto

Natal bagi umat Kristen adalah kelahiran Yesus Kristus Sang Juru Selamat.

Natal, Gus Dur dan Riyanto
Serambi Indonesia
Mohamad Guntur Romli 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Natal bagi umat Kristen adalah kelahiran Yesus Kristus Sang Juru Selamat.

Bagi saya, Natal mengingatkan pada dua sosok pahlawan: Gus Dur dan Riyanto.

Natal mengingatkan saya pada Gus Dur, karena tiap tahun beliau selalu ditanya, "Gus apa hukum mengucapkan Selamat Natal?" Saat saya menemani beliau di acara Kongkow Bareng Gus Dur tiap Sabtu, dari tahun 2005-2009, inilah pertanyaan tahunan yang selalu diajukan oleh hadirin pendengar.

Gus Dur selalu menjawab "boleh". Kemudian Gus Dur menambahkan argumen dengan kutipan dari Surat Maryam (Maria) ayat 33.

وَالسَّلامُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدْتُ وَيَوْمَ أَمُوتُ وَيَوْمَ أُبْعَثُ حَيًّا

“Dan keselamatan semoga dilimpahkan kepadaku (Isa ‘alaihissalam), pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali” (QS. Maryam: 33).

Tak jarang, tanya-jawab ini berlanjut. Sang penanya tidak puas dengan mengajukan pertanyaan selanjutnya, "tapi Gus, kan tanggal 25 Desember belum pasti kelahiran Nabi Isa, Yesus Kristus, katanya juga ada umat Kristen yang merayakan bukan tanggal 25 Desember,"

Iya, contohnya Kristen Koptik di Mesir merayakan Natal 7 Januari. Demikian pula umat Kristen ortodoks lainnya.

Gus Dur tak pernah kehabisan bahan untuk menjawab dan disesuaikan dengan tingkat nalar penanya. "Soal itu (tepatnya tanggal kelahiran Nabi Isa) kan bukan urusan kita (umat Islam), kita mengucapkan Natal untuk menghormati dan menghargai yang merayakan. Saya saja hari ulang tahun ada dua versi: 4 Agustus dan 7 September. Mau mengucapkan Selamat Ulang Tahun di dua tanggal itu saya terima saja," jawab Gus Dur ringan.

Melalui pendapat Gus Dur tentang ucapan Natal, kita diingatkan tentang pandangan keagamaan yang toleran, menghargai, mengajukan eksistensi yang lain, sekaligus ringan.

Halaman
12
Editor: Aldi_Ponge
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved