Berita di Jakarta

Ratna Sarumpaet Sudah Kembalikan Dana Sponsor dari Pemprov DKI Jakarta

Asiantoro mengatakan tersangka kasus kebohongan,R atna Sarumpaet, telah mengembalikan dana sponsor dari Pemprov DKI.

Ratna Sarumpaet Sudah Kembalikan Dana Sponsor dari Pemprov DKI Jakarta
kompas.com
Ratna Sarumpaet 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro mengatakan tersangka kasus kebohongan, Ratna Sarumpaet, telah mengembalikan dana sponsor dari Pemprov DKI.

"Sudah dikembalikan ke ASD (Biro Administrasi Sekretariat Daerah), sudah lunas," kata Asiantoro kepada wartawan, Jumat (21/12/2018).

Menurut Asiantoro, dari Rp 70 juta dana sponsor yang diberikan ke Ratna, hanya Rp 10 juta yang bisa dikembalikan. Sisanya, hangus dalam bentuk tiket pesawat dan akomodasi.

"Enggak full, kan sudah dipakai beli (tiket) ya enggak baliklah. Cuma sisa Rp 10 juta," ujar Asiantoro.

Baca: Ibadah Menyambut Natal Bapenda Sulut Awali Launching Samsat Noni di Transmart Kairagi

Dana itu dikembalikan tak lama setelah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI menyurati keluarga dan staf Ratna untuk mengembalikan biaya sponsor pada pertengahan Oktober 2018.

Sebelumnya, Pemprov DKI telah memenuhi permohonan sponsor perjalanan Ratna untuk jadi pembicara pada acara "The 11th Women Playrights International Conference" di Cile, pada 7-12 Oktober.

Pemprov DKI menanggung uang tiket, akomodasi, hingga uang saku Ratna sekitar Rp 70 juta.

Pemberian dana itu sesuai Keputusan Gubernur Nomor 1066 Tahun 2018 tentang Standar Biaya Perjalanan Dinas Dalam dan Luar Negeri.

Baca: Tri Rismaharini Tetap Turun Langsung Tangani Perbaikan Jalan Gubeng Surabaya Gunakan Kursi Roda

Namun, kegiatan itu batal diikuti lantaran Ratna Sarumpaet ditangkap pihak kepolisian di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, saat hendak berangkat menuju Cile, 4 Oktober 2018.

Dia ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penyebaran kabar bohong atau hoaks bahwa dirinya telah dianiaya orang.

Ratna dianggap melanggar Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Pidana Hukum dan Undang-Undang ITE Pasal 28 juncto Pasal 45, dengan ancaman 10 tahun penjara. Ratna juga dicegah Imigrasi bepergian ke luar negeri.

TONTON JUGA

TAUTAN AWAL: https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/21/14554071/ratna-sarumpaet-sudah-kembalikan-uang-sponsor-dari-dki

Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved