Kejurnas Pacuan Kuda Seri II di Sulut, Sejarah Baru: Kembali Memperebutkan Piala Presiden

Pasalnya, setelah sekian tahun, untuk pertama kalinya, Kejurnas Pacuan Kuda kembali memperebutkan Piala Presiden.

Kejurnas Pacuan Kuda Seri II di Sulut, Sejarah Baru: Kembali Memperebutkan Piala Presiden
TRIBUNMANADO/ANDREAS RUAUW
Olly Dondokambey menyaksikan babak kualifikasi Kejurnas Pacuan Kuda Pordasi Piala Presiden 2018 di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa, Maesa, Minahasa, Sabtu (15/12/2018). 

Kejurnas Pacuan Kuda Seri II di Sulut, Sejarah Baru: Kembali Memperebutkan Piala Presiden 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda (Kejurnas) Pacuan Kuda Pordasi Seri II 2018 yang berlangsung di Sulut, 15 dan 22 Desember menciptakan sejarah baru olahraga berkuda di Indonesia.

Pasalnya, setelah sekian tahun, untuk pertama kalinya, Kejurnas Pacuan Kuda kembali memperebutkan Piala Presiden. Dalam beberapa kali pelaksanaan, kejurnas hanya memperebutkan Piala Ketua Umum PP Pordasi. 

Perjuangan untuk menjadikan Kejurnas Pacuan Kuda Pordasi Seri II 2018 di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso, Minahasa merupakan terobosan Pemprov Sulut yang dinahkodai Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. 

 

Baca: Hasil Barrier Draw Kejurnas Pacuan Kuda Seri 2 2018, Kontingen Sulut Optimis Raih Juara Umum

Baca: Final Kejurnas Pacuan Kuda Seri II, Jadi Arena Perang Saudara Joki-joki Sulut

 

Provinsi Sulawesi Utara menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pacuan Kuda 2018.
Provinsi Sulawesi Utara menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pacuan Kuda 2018. (TRIBUNMANADO/ANDREAS RUAUW)

Wacana mengembalikan Piala Presiden di Kejurnas Pacuan Kuda  disampaikan Olly Dondokambey saat  kejuaraan pacuan kuda daerah di Provinsi Sulawesi Utara di tahun 2017 yang lalu.

Kemudian pada Final Kejurnas Pacuan Kuda Pordasi ke 51 Seri II yang dilaksanakan tanggal 22 Oktober 2017 di Gelanggang Pacuan Kuda Ki Ageng Aatro Joyo Pasuruan Jawa Timur, jajaran Pengprov  Pordasi Sulut menyampaikan kepada Ketua Umum PP Pordasi.

Baca: Kuda Red Rose, Milik Kapolda Sulut Diunggulkan Rajai Kelas D Sprint 1.000 M Kejurnas Pacuan Kuda

 

Baca: Disaksikan Olly Dondokambey, Sulut Sukses Gelar Babak Kualifikasi Kejurnas Pacuan Kuda Seri II 2018

Selanjutnya, Ketua Umum PP Pordasi memberikan mandat kepada Pemprov Sulut segera melakukan lobi agar kiranya Kejurnas Pacuan Kuda Pordasi Ke 52 tahun 2018 memperebutkan Piala Presiden.

Berkat lobi Olly Dondokambey, Steven Kandouw dan jajaran Pengprov Pordasi Suly , akhirnya pada Bulan agustus 2018,  Sulawesi Utara mendapatkan lampu hijau untuk menyelenggarakan Kejurnas Pacuan Kuda  Kuda Pordasi ke 52 dengan memperebutkan Piala Presiden.

Irjen Pol. Bambang Waskito dan kuda Red Rose yang jadi unggulan di Kejurnas Pacuan Kuda Pordasi Seri II 2018, 22 Desember 2018 nanti.
Irjen Pol. Bambang Waskito dan kuda Red Rose yang jadi unggulan di Kejurnas Pacuan Kuda Pordasi Seri II 2018, 22 Desember 2018 nanti. (Istimewa)

Ketua Umum Pengprov Pordasi Sulut, Ferry Wowor hal itu menjadi prestasi tersendiri bagi Sulut. "Beberapa tahun lalu, di beberapa kali kejurnas selalu diagendakan tapi nanti di tahun 2018 terlaksana," ujar Wowor, Rabu (19/12/2018).

Katanya, Pengprov Pordasi Sulut dan masyarakat pencinta olahraga pacuan kuda se-Indonesia tentunya sangat berterima kasih atas terobosan OD-SK.

"Sulut mencatat sejarah dan bakal jadi cikal bakal bangkitnya olahraga berkuda di Indonesia. Sebagai tuan rumah pertama pelaksana Kejurnas Pacuan Kuda memperebutkan Piala Presiden" pungkas Ferry Wowor.

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved