54.000 Warga Mitra Terdampak Erupsi Gunung Soputan

Sebanyak 54.000 warga dari enam lokasi yaitu Kecamatan Silian, Kecamatan Tombatu, Kecamatan Ratahan dan Kecamatan Belang terkena dampak erupsi Soputan

54.000 Warga Mitra Terdampak Erupsi Gunung Soputan
Tribun manado / Andreas Ruaw
Erupsi Gunung Soputan 

54.000 Warga Mitra Terdampak Erupsi Gunung Soputan

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMBATU - Sebanyak 54.000 warga dari enam lokasi yaitu Kecamatan Silian, Kecamatan Tombatu, Kecamatan Ratahan dan Kecamatan Belang terkena dampak erupsi Gunung Soputan pada, Minggu (16/12).

Berdasarkan pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) tinggi kolom abu teramati kurang lebih 7.000 meter di atas puncak, dengan ketinggian puncak 8.809 meter di atas permukaan laut (MDPL) dengan Status Level III (siaga).

Baca: Pasca-Erupsi Gunung Soputan, TNI-Polres Minsel Bagikan Masker untuk Warga

Baca: Gunung Soputan Erupsi, Olly Dondokambey: Foto Maupun Video Harus Dipastikan Kebenarannya

Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara melalui Wakil Bupati Mitra Jesaja Jocke Legi mengatakan, pihak pemerintah selalu siaga memantau aktivitas vulkanik Gunung Soputan.

Wakil Bupati Mitra Jesaja Jocke Legi
Wakil Bupati Mitra Jesaja Jocke Legi (Tribun manado / Andreas Ruaw)

"Pemerintah Kabupaten Mitra telah melakukan kontribusi untuk menjaga aktivitas warga tetap berjalan seperti biasa dengan cara membagikan masker, saat ini sudah sekitar 20.000-an masker telah dibagikan," ungkap Jesaja Legi.

Legi juga menghimbau kepada para warga yang berprofesi pekerjaan di kaki gunung juga harus dibatasi. "Saya juga mengimbau kepada warga yang beraktivitas di lereng gunung dianjurkan untuk membatasi pekerjaan terutama yang berprofesi petani," lanjutnya.

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved