Temuan BPK di Proyek BBI Boltim, Kontraktor tak Pakai Batu Kosong dan Pasir Uruk di Pondasi Pagar

Pekerjaan Balai Benih Ikan (BBI) di Bukaka, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, diperiksa Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI).

Temuan BPK di Proyek BBI Boltim, Kontraktor tak Pakai Batu Kosong  dan  Pasir Uruk di Pondasi Pagar
Tribun Manado/Vendi Lera
Balai Benih Ikan (BBI) Boltim di Bukaka 

Temuan BPK di Proyek BBI Boltim, Kontraktor tak Pakai Batu Kosong  dan  Pasir Uruk di Pondasi Pagar

Laporan wartawan Tribun Manado, Vendi Lera

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pekerjaan Balai Benih Ikan (BBI) di Bukaka, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, diperiksa Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI).

Tim BPK-RI Perwakilan Sulawesi Utara turun ke lokasi proyek, Minggu (25/11/2018) lalu.

BPK menemuka ada bahan material proyek pagar keliling BBI senilai Rp 550 juta yang dibeli kontraktor tak sesuai kontrak kerja.

Hal ini diakui oleh Kepada Dinas Perikanan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Erna Mokodongan. Menurutnya, memang hasil temuan BPK sudah dilaporkan.

Temuan dimaksud, pada pasangan batu kosong dan urukan pasir. "Kontraktor tidak membeli batu kosong, sehingga tidak memasangnya dalam pondasi," ujar Erna Mokodongan, Rabu (12/12/2018).

Kata dia, hasil pemeriksaan BPK RI langsung ditindak lanjuti dengan tidak membayar bahan yang tidak dibeli dan diadakan pihak kontraktor senilai Rp 23 juta rupiah.

Dengan rincian batu Kosong Rp 18 juta dan sisanya urukan pasir.

Ia menambahkan, proyek BBI Bukaka telah selesai dikerja pihak CV. Trigil, sesuai dengan jumlah hari kerja.

Kontraktor CV Trigil, Ko Yanto mengatakan, memang waktu lalu ada pemeriksaan dilakukan BPK RI mereka temukan pemasangan batu tidak sesuai kontrak kerja.

"Tapi saya bingung, kesalahannya di mana? Pasangan batu telah dikerjakan mengunakan batu kali, namun hasil pemeriksaan harus gunakan batu kosong," ujar Ko Yanto.

Hasil temuan sudah ditindak lanjuti oleh Dinas terkait, dengan tidak membayar bahan yang tak dibeli dan terpasang seharga Rp23 juta rupiah. .

Penulis: Vendi Lera
Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved