Minahasa Kembangkan Program One Health untuk Tangani Rabies, Pemprov Jabar Lakukan Kaji Banding

Minahasa Kembangkan Program One Health untuk Tangani Rabies, Pemprov Jabar Lakukan Kaji Banding

Minahasa Kembangkan Program One Health untuk Tangani Rabies, Pemprov Jabar Lakukan Kaji Banding
Tribun manado / Andreas Ruaw
Kunjungan Kerja Pemprov Jawa Barat di Kabupaten Minahasa 

Minahasa Kembangkan Program One Health untuk Tangani Rabies, Pemprov Jabar Lakukan Kaji Banding

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan kaji banding ke Kabupaten Minahasa, dalam Rangka Mengoptimalkan Program Pengendalian Penyakit Menular dan Komisi Zoonosis, bertempat di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa, Rabu (12/12).

Kunjungan Plt Kabiro Setdaprov Jawa Barat Drs Hj Sonny S Adisudarma selaku ketua tim serta Rombongan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, diterima oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa Denny Mangala serta jajaran Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa.

Plt Kabiro Setdaprov Jawa Barat Sonny S Adisudarma menyatakan, sebelumnya pihaknya telah melaksanakan workshop tentang program pengendalian penyakit menular, dan sebagai hasil workshop untuk kelengkapan dan sesi lanjutan kami melakukan kaji banding ini.

"Mengingat banyak yang terjangkit rabies di beberapa titik di Jawa Barat. Untuk itu kami ingin mengetahui cara-cara pemerintah kabupaten Minahasa dalam menangani masalah ini," lanjut Sonny.

Pemprov Jabar melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Minahasa
Pemprov Jabar melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Minahasa (Tribun manado / Andreas Ruaw)

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa Denny Mangala mengatakan, Pemerintah Kabupaten Minahasa mengapresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang telah memilih Kabupaten Minahasa menjadi objek atau tempat pelaksanaan kunjungan kaji banding.

"Kami menyambut rombongan dengan penuh sukacita di kota Tondano Kabupaten Minahasa ini," katanya.

Danny Mangala juga memastikan Sektor Kesehatan menjadi sektor prioritas Pemerintah Kabupaten Minahasa untuk seluruh rakyat minahasa yang sudah ditangani bersama BPJS Kesehatan.

Baca: Turis Asal Inggris Tewas Akibat Gigitan Kucing usai Berlibur dari Maroko, Diduga Terserang Rabies

"Di Kabupaten Minahasa, zoonosis juga merupakan salah satu masalah yang membutuhkan penanganan dari dinas terkait, tetapi kasus yang ada setiap tahun menurun. Dan menjadi perhatian pemerintah pusat sehingga kabupaten Minahasa menerima penghargaan dari menteri kesehatan," imbuhnya.

Pemkab Minahasa sudah melakukan penanganan akan Rabies oleh dinas terkait yaitu melakukan pengembangan program one health dan program terpadu seperti pemberian vaksin untuk mencegah dan meminimalisasi rabies.

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved