Serda Ramli Bantu Poktan Basmi Gulma

Babinsa Koramil 1303-10/Poigar Serda Ramli, membantu kelompok tani (Poktan) Moonow melakukan penyemprotan rumput (gulma) pada tanaman jagung

Serda Ramli Bantu Poktan Basmi Gulma
Ist
Babinsa Koramil 1303-10/Poigar Serda Ramli, membantu kelompok tani (Poktan) Moonow melakukan penyemprotan rumput (gulma) pada tanaman jagung, yang bertempat di Desa Poigar III Kecamatan Poigar Kabupaten Bolmong pada lahan seluas 1,5 hektar Sabtu (08/12/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Babinsa Koramil 1303-10/Poigar Serda Ramli, membantu kelompok tani (Poktan) Moonow melakukan penyemprotan rumput (gulma) pada tanaman jagung, yang bertempat di Desa Poigar III Kecamatan Poigar Kabupaten Bolmong pada lahan seluas 1,5 hektar Sabtu (08/12/2018).

Baca: Bolmong Hari Ini Berpotensi Hujan Lokal Disertai Angin

Penyemprotan rumput dilakukan agar menghasilkan tanaman jagung yang sehat dan subur.

“Perawatan wajib dilakukan terutama pembersihan rumput liar atau gulma dan ini dilakukan sejak jagung sudah mulai tumbuh,” ujar Ramli.

Menurutnya, Gulma adalah tumbuhan yang kehadirannya tidak di inginkan pada lahan pertanian, karena akan menurunkan hasil tanaman produksi.

“Beberapa jenis tumbuhan dikenal sebagai gulma utama, seperti teki ladang dan alang-alang,” tambahnya.

Baca: Kodim Bolmong Gelar Berbagai Lomba, Tatong Bara Coba Wahana Flying Fox

Sebagai Babinsa, ia merasa bertanggung jawab untuk membantu produksi hasil pertanian yang berada di desa binaan. Hal itu dilakukannya dengan mengingatkan para petani binaannya agar kesuksesan dan kesejahteraan masyarakat desa binaannya tercapai.

“Pembersihan rumput sebaiknya dilakukan secara terus-menerus sampai buah jagung sudah mulai tua, dan batang jagung mulai mengering. Saat jagung sudah mulai kering, pembersihan rumput dapat dilakukan dengan menggunakan herbisida,” ungkapnya. (Kel)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved