Manfaat Minum Air Putih Sesuai Kecukupan, Bikin Tidur Makin Nyenyak

Suatu penelitian terbaru menyebutkan kurangnya minum air selama seharian juga memengaruhi masalah tidur ini.

Manfaat Minum Air Putih Sesuai Kecukupan, Bikin Tidur Makin Nyenyak
Internet
Ilustrasi minum air putih 

TRIBUNMANADO.CO.ID -  Tidur nyenyak di malam hari adalah keinginan setiap orang sebab banyak yang kesulitan tidur nyenyak atau bahkan tidak tidur sama sekali akibat berbagai faktor.

Salah satunya, suatu penelitian terbaru menyebutkan kurangnya minum air selama seharian juga memengaruhi masalah tidur ini.

Dilansir dari Independent, sebuah penelitian di Penn State University, Pennsylvania menyatakan bahwa seseorang yang tidur selama 6 jam semalam terlihat tubuhnya kekurangan air atau dehidrasi dibanding mereka yang tidur dalam jangka waktu cukup, yaitu 8 jam sehari.

Penelitian ini sendiri dipublikasikan pada jurnal SLEEP dan dilakukan terhadap 20.000 orang dewasa di Amerika Serikat dan China dengan menganalisis kebiasaan tidur dan sampel urine mereka.

Peneliti juga menemukan hubungan antara kualitas tidur dengan level hidrasi (tercukupinya air) pada diri seseorang ditentukan oleh hormon dalam tubuh bernama vasopressin.

"Vasopresin dilepaskan pada tubuh lebih cepat atau lebih kemudian pada sebuah siklus tidur," terang Asher Rosinger, peneliti sekaligus asisten profesor di Penn State.

"Jadi, jika terbangun lebih awal, kita mungkin melewatkan saat ketika sebagian dari hormon tersebut dilepaskan, yang menyebabkan gangguan pada hidrasi dalam tubuh.

Jika kita hanya tidur selama enam jam, maka ini akan memengaruhi status hidrasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah jika kita  tidak cukup tidur dan merasa lelah pada esoknya, minumnya lebih banyak air," sambungnya.

Dehidrasi sendiri memiliki sejumlah efek buruk pada tubuh. Mulai dari pusing, mudah mengantuk, hingga air kencing yang berwarna gelap dan berbau pesing.

Cara paling mudah untuk selalu terhidrasi adalah dengan banyak minum. Selain itu, pastikan juga untuk mengurangi jenis minuman tertentu seperti kafein, teh, serta alkohol, yang dapat menyebabkan efek dieuretik (mengurangi cairan dalam tubuh dengan cara terus buang air kecil).

Namun mengenai jumlah pasti air putih yang harus dikonsumsi dalam sehari, masih ada silang pendapat dari ahli. Sebagian ahli menyarankan empat liter sedangkan sebagian menyebut cukup dua liter saja.

Yang jelas, jika Moms ingin dapat tidur nyenyak pada malam harinya, minumlah air putih banyak-banyak.

Selain itu jika tidur malam sebelumnya juga kurang nyenyak dan Moms merasa lelah, minum air putih juga. Karena air putih adalah kunci bagi tidur berkualitas. (*)

Editor: Rine Araro
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved