Nasional

Daun Pangi Jadi Obat HIV/AIDS

Selain enak rasannya ternyata daun pangi yang biasa dicampur oleh masyarakat bersuku Minahasa dengan lemak babi atau daging ayam untuk disajikan pada

Daun Pangi Jadi Obat HIV/AIDS
Tribun Manado
Jelang Natal warga dagangkan daun pangi

TRIBUNMANADO.CO.ID-Selain enak rasannya ternyata daun pangi yang biasa dicampur oleh masyarakat bersuku Minahasa dengan lemak babi atau daging ayam untuk disajikan pada hajatan rakyat, memiliki khasiat untuk mengobati penyakit pembunuh kekebalan tubuh yaitu HIV/AIDS, Sabtu (8/12/18).

Seperti yang diutarakan oleh Ketua Stikes Halmahera Dr Arend Mapanawang SpPD FINASIM, bahwa daun bernama latin Pangium Edule Reinw punya senyawa yang mampu menghambat virus HIV dengan kekuatan mencapai 94,80 persen.

"Hasil uji coba Institut Pertanian bogor, Pangi bisa menghabisi virus AIDS, bahkan lebih tinggi dari obat Lamivudin yang digunakan selama ini, " kata dia, belum lama ini.

Senada diucapkan oleh Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Provinsi sulawesi Utara (Sulut) bahwa penemuan tersebut tentu akan membantu para ahli medis untuk menyembuhkan penyakit yang menjangkit melalui hubungan seksual dan darah.

"Ini sangat luar biasa, bagaimana tidak makanan tradisional kita bisa sembuhkan AIDS," jelasnya melalui seluler.

Ebi sapaan akrabnya, menuturkan, setelah sukses diuji secara empiris maka harus diuji lagi secara klinis.

"Kami berharap ada penelitian lanjutan," jelasnya. 

Penulis: Arthur_Rompis
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved