PSI Sanjung Manado sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia

Manado memperoleh penghargaan sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia. Penilaian ini diberikan oleh Setara Institute Jumat (7/12/2018).

PSI Sanjung Manado sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia
Istimewa
Mohamad Guntur Romli 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Manado memperoleh penghargaan sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia. Penilaian ini diberikan oleh Setara Institute Jumat (7/12/2018).

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengapresiasi penghargaan ini dan sejak lama sudah menyanjung toleransi di Kota Manado. Apresiasi PSI disampaikan oleh Juru Bicara PSI Bidang Toleransi dan Keagamaan, Mohamad Guntur Romli.

"Penilaian yang sangat tepat Manado sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia, kerukunan umat beragama di Manado sangat nyata, kalau Natal, Pemuda Banser NU jaga gereja, kalau Idul Fitri Pemuda Gereja jaga masjid, semua perbedaan agama dan etnis dijaga dalam bingkai persaudaraan, tidak ada istilah orang lain, orang asing, pendatang atau pribumi di Manado, ada filosofi yang terkenal di Manado dan Tanah Minahasa "Torang Samua Basudara" kita orang semuanya bersaudara," Puji Guntur Romli yang dikenal sebagai tokoh muda NU.

Baca: Guntur Romli: Sandiaga Uno Arogan, Merasa Lebih Hebat dari Nabi Yusuf

Guntur Romli mengisahkan beberapa minggu lalu bersama Delegasi PSI, diajak Ketua DPW PSI Sulawesi Utara, Melky Pangemanan keliling Manado dan tanah Minahasa.

"Kami ziarah para pahlawan lintas agama yang dikubur di Tanah Minahasa, ada Syaikh Arsyad Thawil dari Banten, Tuanku Imam Bonjol, Sam Ratulangi, KH Ahmad Rifai, Kiai Modjo dan lain-lainnya, saking diterima sebagai saudara, para pendatang pun di Minahasa bisa menikah dengan putri-putri Minahasa, di Tondano ada Perkampungan "Jaton" singkatan dari Jawa Tondano, yang merupakan keturunan 60 pengikut Kiai Modjo yang semuanya laki-laki yang menikah dengan gadis-gadis Minahasa," tutur Guntur Romli.

Baca: Guntur Romli Sebut Peserta Reuni Akbar 212 Kalah dengan Jumlah Tari Poco-poco pada 5 Agustus 2018

Laki-laki yang dikenal dekat dengan Gus Dur ini juga menegaskan toleransi di Manado dan Tanah Minahasa merupakan perwujudan ajaran kemanusiaan yang diwejangkan oleh Sam Ratulangi, tokoh Minahasa.

"Di monumen dan makam Sam Ratulangi tertulis ajaran beliau si tou timou tumou tou" artinya "baru disebut manusia apabila sudah bisa memanusiakan manusia". Filosofi persaudaraan dan kemanusiaan inilah yang melahirkan manusia-manusia toleran di Manado dan Tanah Minahasa. Selamat untuk Manado dan Minahasa!" kata Guntur Romli yang juga Caleg DPRI RI PSI untuk Jatim III (Situbondo Bondowoso Banyuwangi).

Penghargaan Manado sebagai Kota Paling Toleran diserahkan langsung oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, di Hotel Ashley, Jalan KH Wahid Hasyim No 73-75 Jakarta Pusat diterima oleh Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL).

Editor: Aldi_Ponge
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved