Kementerian Kesehatan RI Lakukan Survei di Puskesmas Poigar

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melakukan survei akreditasi di Puskesmas Poigar, Kamis (06/12/2018).

Kementerian Kesehatan RI Lakukan Survei di Puskesmas Poigar
TRIBUNMANADO/MAICKEL KARUNDENG
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melakukan survei akreditasi di Puskesmas Poigar, Kamis (06/12/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melakukan survei akreditasi di Puskesmas Poigar, Kecamatan Poigar Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Kamis (06/12/2018).

Penilaian Survei Akreditasi kali ini diselenggarakan oleh Surveyor dari Kementerian Kesehatan Pusat yang dipimpin oleh Dokter Pudji Lestari Eko Purwanto selaku surveyor dari Kementerian Kesehatan.

Baca: KPU Bolmong Gelar Bimtek Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye

Babinsa Desa Gogaluman Koramil 1303-10/Poigar Serda Muhammad Rusli menghadiri acara tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, nampak terlihat komponen lintas sektoral yakni Kepala Puskesmas UPTD Poigar Benjamin Maxi Tuuk, Camat Poigar Dedy Ruswandi Mokodongan, Kades Poigar Ferdi Dan Gampu, Babinsa Koramil 1303-10/Poigar dan Bhabinkamtibmas serta seluruh staf Puskesmas UPTD Poigar.

Pelaksanaan kegiatan ini untuk meninjau kelayakan pelayanan kesehatan, baik dari ruang pelayanan, kelangkapan administrasi, kelangkapan alat bantu kesehatan, kelangkapan fasilitas kendraan dan mendengarkan presentasi Kepala Puskesmas Benjamin Maxi Tuuk dalam rangka pemaparan produk serta profile Puskesmas UPTD Poigar.

Baca: KPU Bolmong Gelar Bimtek Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye

Menurut Panitia penyelenggara kegiatan akredatisi akan berlangsung selama 3 hari, terhitung mulai hari ini Kamis tanggal sampai dengan Sabtu 8 Desember 2018 yakni dengan metode tim akreditasi Kementerian Kesehatan Pusat, guna melihat, menilai, pelayanan Puskesmas, dan mensurvey serta mengunjungi langsung pelayanan Posyandu yang dinaungi oleh Puskesmas UPTD Poigar, juga dengan mensurvey para koresponden lintas sektoral hingga pada kepuasan pelayanan kepada masyarakat setempat.

Pada kesempatan ini Serda Muhammad Rusli mengatakan, Akreditasi Puskesmas dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan tersebut merupakan salah satu mekanisme regulasi yang bertujuan untuk mendorong upaya peningkatan mutu dan kinerja pelayanan Puskesmas dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan bagi masyarakat Desa Poigar.

Baca: Bolsel Bebas dari Penderita HIV/Aids

Camat Poigar Deddy Ruswandi berharap Puskesmas Poigar bisa masuk dalam penilaian akreditasi sehingga pelayanan kesehatan terhadap masyarakat bisa lebih baik lagi.

"Dengan adanya akreditasi bisa jadi nilai tambah buat Puskesmas Poigar tentunya," katanya.

Dokter Pudji Lestari Eko Purwanto Surveyor Kementerian Kesehatan berharap bagi pihak Puskesmas Poigar untuk segera siapkan dokumen yang dibutuhkan dalam penilaian apakah layak atau tidak.

Apabila dokumen tidak lengkap, maka tim survei akan melanjutkan perjalanan ke puskesmas lainnya. (Kel)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved