Bank Indonesia Sebut Perekonomian Sulut Tumbuh 6 Persen di Tahun 2018

Menjelang akhir tahun 2018, Bank Indonesia (BI) menyebut jika pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara (Sulut) ada di kisaran 6 persen.

Bank Indonesia Sebut Perekonomian Sulut Tumbuh 6 Persen di Tahun 2018
TRIBUNMANADO/NIELTON DURADO
Kepala Kantor Perwakilan BI di Sulut Soekowardojo 

Laporan Wartawan Tribun Manado Nielton Durado 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Menjelang akhir tahun 2018, Bank Indonesia (BI) menyebut jika pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara (Sulut) ada di kisaran 6 persen.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Kantor Perwakilan BI di Sulut Soekowardojo ketika ditemui awak media, Selasa (04/12/2018) usai menyelenggarakan pertemuan tahunan Bank Indonesia di Four Points Manado.

Baca: Manado Alami Inflasi 1,84 Persen

"Kisarannya memang ada antara 5,9 persen sampai 6,1 persen, tapi sepertinya untuk tahun 2018 pertumbuhan ekonomi Sulut ada diangka 6,0 persen," ujarnya.

Namun begitu, menurutnya angka ini bisa bertambah tergantung bagaimama pemerintah mengoptimalkan pengeluaran di triwulan IV tahun 2018.

Baca: Wajib Tahu Girls! 5 Benjolan Ini Mungkin Muncul pada Vagina, Temukan Cara Menangani

"Karena pengeluaran pemerintah di akhir bulan ini akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi Sulut triwulan IV. Bisa diatas 6 persen jika terjadi lonjakan ataupun pertumbuhan diluar kendali kami," tegasnya.

Sedangkan untuk target pertumbuhan ekonomi di tahun 2019, Bank Indonesia menargetkan angka antara 6,1 sampai 6,4 persen.

Baca: Bank SulutGo Terima Penghargaan dari BI

"Tapi semua tergantung pemerintah juga, bisa melejit tinggi jika ada kebijakan-kebijakan yang sangat berdampak pada perekonomian daerah," tegasnya.

Pertemuan tahuanan Bank Indonesia ini turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw dan beberapa pimpiman bank di Sulut. (nie)

Penulis: Nielton Durado
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved