Amankah Anak Menggunakan Hand Sanitizer?

Ketika musim dingin dan penyakit batuk pilek mulai merebak, mungkin Moms akan mulai mengajak Si Kecil menggunakan hand sanitizer, namun apakah aman?

Amankah Anak Menggunakan Hand Sanitizer?
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ketika musim dingin dan penyakit batuk pilek mulai merebak, mungkin Moms akan mulai mengajak Si Kecil menggunakan hand sanitizer untuk menghindari penyakit.

Namun apakah hal tersebut aman untuk dilakukan? Mengingat salah satu komponen hand sanitizer adalah alkohol.

Penelitian dalam jurnal Pediatrics menemukan bahwa anak-anak yang menggunakan hand sanitizer setelah membersihkan tangan mereka, lebih jarang bolos sekolah karena sakit.

Penelitian ini diikuti 911 anak usia 3 tahun kebawah, di pusat penitipan anak di Almería, Spanyol.

Para peneliti menemukan bahwa kelompok anak yang hanya membersihkan tangan menggunakan air dan sabun memiliki risiko 21% lebih tinggi terjangkit infeksi pernafasan seperti pilek dan pneumonia dari kelompok anak yang menggunakan hand sanitizer.

Meskipun terbukti dapat mencegah penyakit, tapi apakah anak anak aman untuk menggunakan hand sanitizer?

Dr. Caessar Pronocitro, M.Sc, Sp.A dalam talkshow Kampanye Rumah Sehat Nippon Paint untuk Keluarga Indonesia di Jakarta (2/12) menjelaskan hal ini.

"Aman saja bagi anak anak untuk menggunkan hand sanitizer.  Namun, harus dipastikan kandungan alkoholnya jangan terlalu tinggi, dan jangan sampai tertelan," ungkapnya.

Caessar juga menyarankan agar orangtua untuk memastikan tangan anak sudah dikeringkan setelah penggunaan hand sanitizer.

 
"Namun, alangkah baiknya agar orangtua selalu memastikan tangan anaknya sudah kering setelah penggunaan hand sanitizer  agar tidak tertelan.

Halaman
12
Editor: Rine Araro
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved