Tingkatkan Kompetensi Guru Madrasah, Kemenag Bolmong Gelar PPKB

Kementerian Agama Bolmong melalui Seksi Pendidikan Madrasah menggelar Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB), Senin (03/12/2018)

Tingkatkan Kompetensi Guru Madrasah, Kemenag Bolmong Gelar PPKB
Ist
Kasi Pendidikan Madrasah Ibrahim Gani 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow melalui Seksi Pendidikan Madrasah menggelar Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB), Senin (03/12/2018), di ruangan MTs Negeri 1 Bolmong, Lolak.

Sesuai namanya, program ini diorientasikan pada upaya peningkatkan kompetensi dan kinerja guru dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan.

Baca: KPU Data Warga Stateless jadi WNI

Kasi Pendidikan Madrasah, Ibrahim Gani menyebut Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan meliputi Pengembangan Diri (PD), Publikasi Ilmiah (PI), dan Karya Inovatif (KI).

Ketiga cakupan yang diberikan pada PPKB ini sebagai fasilitasi bagi guru untuk terus memutakhirkan kompetensi yang menjadi tuntutan ke depan berkaitan dengan profesinya.

"PPKB juga amat penting dalam rangka memotivasi guru madrasah agar memiliki komitmen melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga profesional. Termasuk mengangkat citra, harkat, martabat profesi guru, rasa hormat dan bangga kepada penyandang profesi guru," ujar Gani.

Baca: 7 Siswa Diangkut Polsek Tikala Akibat Miras

Lebih lanjut Kepala Kantor Kemenag Bolmong Tavip Pakaya ingin kompetensi guru madrasah dikembangkan secara optimal agar karir guru bisa berjalan secara normal hingga berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan.

Apalagi menurutnya PPKB merupakan salah satu terobosan pengembangan profesi guru dengan berbagai bentuk kegiatannya beragam termasuk pengembangan diri, serta publikasi karya ilmiah dan karya inovatif.

Baca: Sambut Natal ESDM Bolsel Dapat Tambahan Tabung Gas Elpiji

"Saya ingin guru madrasah di Bolmong dapat menjadi role model dalam memutakhirkan kompetensi guru di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan demikian kualitas layanan pendidikan di madrasah akan meningkat," harapnya.

Baca: Dua Altet Sulut Raih Podium di IOPC 2018

Terinformasi kegiatan PPKB di lingkungan Kemenag Bolmong ini melibatkan peran serta Kelompok Kerja Madrasah (KKM), Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), serta menghadirkan sejumlah mentor/narasumber berpengalaman. (Kel)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved