DPRD Bolmong Gelar Rapat Paripurna Tingkat II Penetapan APBD Tahun 2019, Ini Harapan Bupati Yasti

DPRD abupaten Bolaang Mongondow menggelar rapat paripurna tingkat II penetapan persetujuan atas rancangan peraturan daerah tentang APBD

DPRD Bolmong Gelar Rapat Paripurna Tingkat II Penetapan APBD Tahun 2019, Ini Harapan Bupati Yasti
Tribun manado / Maickel karundeng
Rapat Paripurna DPRD Bolmong 1 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow menggelar rapat paripurna tingkat II penetapan persetujuan atas rancangan peraturan daerah tentang APBD tahun anggaran 2019, Jumat (30/11) tengah malam.

Ketua Dewan Bolmong Welty Komaling bersama Wakil Ketua Dewan Abdul Kadir Mangkat memimpin langsung rapat paripurna tersebut yang dihadiri Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dalam sambutannya menyampaikan, paradigma pengelolaan keuangan daerah yang menerapkan prinsip anggaran berbasis kinerja berpengaruh terhadap penyusunan anggaran, yang dalam proses perencanaan harus dilandasi transparansi dan akuntabilitas serta secara ekonomis, efektif, dan efisien yang mampu mencerminkan pengelolaan keuangan dalam rangka memberikan fungsi pelayanan publik secara utuh.

“Ini merupakan implementasi dari fungsi perencanaan dan koordinasi, serta fungsi pengendalian dan evaluasi pelaksanaan strategi kebijakan pemerintah daerah, sebagai bentuk manajemen pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik,” kata Yasti, di depan seluruh anggotan dewan dan pimpinan SKPD.

Menurutnya, sebelum Ranperda ini ditetapkan, legislatif dan eksekutif telah melaksanakan pembahasan yang sistematis dan terencana, guna menyamakan persepsi dan pemahaman terhadap setiap perencanaan pemerintahan serta pembangunan, yang dituangkan ke dalam berbagai program dan kegiatan yang ada di setiap perangkat daerah.

Baca: KPU Bolmong Tetapkan 30 PPK Tambahan 

Baca: Serda Edy Bantu Petani Bersihkan Sawah di Desa Dumoga Bolmong

“Dengan ditetapkannya Ranperda tentang APBD Kabupaten Bolmong tahun anggaran 2019 ini, saya atas nama Pemkab Bolmong menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Kabupaten Bolmong, yang telah selesai membahas, memberikan masukan, koreksi dan saran positif terhadap penyempurnaan Ranperda ini, sehingga ditetapkan menjadi peraturan daerah,” uangkapnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Tim Anggaran Pemeritah daerah (TAPD), serta para Kepala Perangkat Daerah beserta jajarannya masing-masing, yang telah berupaya dan bekerja keras dalam penyusunan Ranperda.

Ranperda Kabupaten Bolmong tahun anggaran 2019 ini disadari masih terdapat banyak program dan kegiatan yang belum terakomodasi, dikarenakan keterbatasan kemampuan keuangan daerah. Namun, hal tersebut bukanlah kendala bagi kita semua, tetapi harus kita jadikan motivasi untuk lebih giat lagi mencari sumber-sumber pendapatan lainnya, guna memenuhi kebutuhan pembiayaan pembangunan di daerah.

Salah satunya melalui dana insentif daerah yang syarat utamanya adalah opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

Bupati Yasti berharap agar di akhir tahun 2018 berbagai program dan kegiatan pembangunan yang telah direncanakan serta anggaran yang telah ditetapkan, dapat dilaksanakan secara efektif, efisien dan akuntabel, serta sesuai aturan dan ketentuannya.

Halaman
123
Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved