Feybe Sanger: Sosok Maria Walanda Maramis Menjadi Spirit Perempuan Minahasa

Sosok Pahlawan nasional Maria Walanda Maramis (MWM) menjadi spirit awal kebangkitan perempuan Minahasa sehingga saat ini eksistensi perempuan Minahasa

Feybe Sanger: Sosok Maria Walanda Maramis Menjadi Spirit Perempuan Minahasa
TRIBUN MANADO/FERDINAND RANTI
Feybe Sanger 

Citizen Jounalism oleh Feybe Sanger

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kepemimpinan perempuan Minahasa jauh sebelumnya telah dirintis oleh tokoh nasional yang sangat punya andil memajukan eksistensi perempuan Minahasa.

Sosok Pahlawan nasional Maria Walanda Maramis (MWM) menjadi spirit awal kebangkitan perempuan Minahasa sehingga saat ini eksistensi perempuan Minahasa  tidak bisa dipandang sebelah mata.

Hal ini tidaklah bisa disangkal sebab MWM bisa dikatakan pendobrak adat, pejuang kemajuan dan emansipasi perempuan didunia politik.

Baca: Feybe Sanger Katakan Kenaikan UMP Akan Berdampak Positif di Minahasa

Baca: Sanger Sentil Bahasa Daerah Minahasa Makin Terancam

Perjuangan Maria Walanda Maramis diantaranya konsisten memperjuangkan  perempuan diberi kesempatan untuk meningkatkan pendidikan sampai memperoleh gelar dan memperjuangkan agar perempuan dapat diberi suara dalam urusan kenegaraan bahkan bisa duduk dalam dewan kota (dahulu) dan secara jujur saya dan politisi perempuan lainnya menikmati hasil perjuangan ini.

Di era Globalisasi perempuan Minahasa  mendapatkan kesempatan yang sama terutama dalam mengecap pendidikan sampai jenjang paling atas tanpa dibatasi selagi mempunyai kemauan.

Baca: Feybe Sanger Minta Dinas Pendidikan Minahasa Awasi Program Pengenalan Sekolah

Perjuangan perempuan Minahasa sekarang ini tidak lagi mengangkat senjata namun dengan kompetensi yang dimiliki perempuan Minahasa dituntut untuk mampu mengembangkan dan menunjukkan potensi dirinya.

Feybe Sanger
Feybe Sanger (ISTIMEWA)

Perempuan Minahasa jangan hanya dikenal sebagai perempuan yang cantik dari segi penampilan tapi lebih dari pada itu menjadi perempuan Minahasa yang membela kaumnya dan benar-benar perempuan yang berjuang untuk mensejahterahkan Minahasa dan berpihak kepada mereka yang lemah

Namun, harus diakui fakta bahwa Pahlawan Maria Walanda Maramis tidak terlalu populer di sekolah-sekolah di Minahasa bahkan mungkin tidak banyak siswa sekolah yang tahu bahwa 1 Desember adalah hari perempuan Minahasa,s ebagai bentuk dedikasi atas nilai-nilai perjuangan Maria Walanda Maramis.

Sungguh memiriskan hati sebab wanita Minahasa yang satu ini punya andil besar dalam perjuangan bangsa ini.

Baca: Feybe Sanger Minta Perpeloncoan Mahasiswa Baru Ditiadakan

Halaman
12
Editor: Aldi_Ponge
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved