Selain Kenaikan Gaji, 3 Hal Ini Jadi Faktor Utama Kepuasan Pekerja di Indonesia

Laporan yang dirilis Robert Walters bertajuk Survei Gaji 2018 mengungkapkan ada 4 faktor utama kepuasan para pekerja di Indonesia

Selain Kenaikan Gaji, 3 Hal Ini Jadi Faktor Utama Kepuasan Pekerja di Indonesia
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Laporan yang dirilis Robert Walters bertajuk Survei Gaji 2018 mengungkapkan ada 4 faktor utama kepuasan para pekerja di Indonesia perihal pekerjaan yang diembannya.

"Berdasarkan survei kami, ada empat faktor utama yang menentukan kepuasan kerja untuk kandidat yakni remunerasi, keseimbangan kehidupan kerja, umpan balik dan dorongan dari manajemen, dan pelatihan dan peluang," ujar Country Manager Robert Walters Indonesia Eric Mary dalam keterangan pers, Kamis (29/11/2018).

Baca: Klarifikasi Lengkap Gading & Gisel Soal Cerai, dari Rujuk, Hak Asuh Anak, Cincin Kawin, Orang Ketiga

Diketahui pula, pada skala 1-10, profesional Indonesia memberikan skor 7 untuk kepuasan mereka terhadap gaji saat ini. Sekitar 68 persen profesional mengharapkan kenaikan gaji lebih dari 10 persen pada tahun 2019 mendatang.

Baca: Gadis 16 Tahun di Pekalongan Dicabuli Pria Beristri Dua, Berawal dari SMS Nyasar

Kemudian, berdasar laporan itu pula, dari seluruh negara di Asia Tenggara, Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat perekrutan yang kuat sepanjang tahun 2018.

Baca: Tolak Berhubungan Badan, Suami Bunuh Isrinya, Sempat buat Pengakuan Seperti Ini

“Dibandingkan Malaysia dan Singapura, ternyata Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam menunjukkan tingkat perekrutan yang kuat karena sebuah perusahaan berusaha memperluas tim mereka untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan," jelas Managing Director Robert Walters Asia Tenggara Toby Fowlston.

Baca: Gelar Jumpa Pers, Ekspresi Gading Marten Sendu, Gisella Anastasia Malah Seperti Ini

Perkembangan dalam infrastruktur transportasi akan mendorong permintaan untuk keahlian teknik. Berkembangnya iklim e-commerce dan start up juga salah satu pemicunya.

Ditambah ekspansi bisnis perusahaan untuk meningkat menjadi perusahaan multinasional pun akan membutuhkan pekerja yang memiliki latar belakang dwibahasa. Masuknya berbagai investasi asing juga menjadi pemicu suburnya permintaan akan pekerja yang memiliki keahlian profesional dan berpengalaman pada kedua hal tersebut.

Editor: Indry Panigoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved