Daihatsu Stop Produksi Avanza-Xenia Lawas, Siapkan Model Baru demi Hadapi Xpander

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah menghentikan produksi Avanza dan Xenia yang saat ini masih dijual di pasar.

Daihatsu Stop Produksi Avanza-Xenia Lawas, Siapkan Model Baru demi Hadapi Xpander
Istimewa
Test drive Daihatsu Xenia 

TRIBUNMANADO.CO.ID - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah menghentikan produksi Avanza dan Xenia yang saat ini masih dijual di pasar.

Penghentian produksi dilakukan karena stok sudah mencukupi sampai akhir tahun, sekaligus menyiapkan model terbaru dari "mobil sejuta umat" kembar besutan Toyota dan Daihatsu ini.

"Produksi sudah dihentikan, sudah persiapan untuk model baru. Tadinya mau meluncur Desember ini, tetapi batal. Geser menjadi Januari kalau tidak ada perubahan," kata sumber internal perusahaan kepada Kompas.com di Jakarta, belum lama ini.

Disebutkan, penghentian produksi juga sejalan dengan periode overhaul tahunan menjelang liburan Natal dan Tahun Baru 2019. Saat ini, Avanza dan Xenia diproduksi dipabrik milik ADM di Sunter, Jakarta Utara dan Karawang, Jawa Barat.

Baca: Daihatsu Tunda Rencana Naikkan Harga Mobil

Soal informasi ini, Kompas.com juga mengonfirmasi langsung Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, tetapi ia tidak mau berkomentar lebih banyak soal itu. Dia bilang untuk sekarang ini belum bisa diinformasikan dulu.

"Untuk ini saya belum bisa berkomentar dulu," ucap wanita yang akrab disapa Amel ini kepada Kompas.com, Rabu (28/11/2018).

Toyota Avanza yang dipamerkan di belakang stan Toyota GIIAS 2018
Toyota Avanza yang dipamerkan di belakang stan Toyota GIIAS 2018(KOMPAS.com / Aditya Maulana)

Ubahan Avanza-Xenia

Terkait soal ubahan yang bakal ditawarkan duet maut, Avanza-Xenia, diinformasikan sumber sebelumnya, sifatnya facelift, tetapi statusnya major change. Jadi bakal terjadi ubahan signifikan pada tampilan wajah kedua low multipurpose vehicle ( LMPV) itu, tetapi bukan sasis sistem penggerak roda belakang, apalagi power train.

Daihatsu Xenia model terbaru dijadwalkan meluncur pada awal 2019. Salah satu persiapannya, yaitu sudah mulai menghentikan produksi versi lawas karena akan digunakan merakit yang baru.

"Interiornya bakal banyak mirip dengan Terios-Rush, jadi sudah lebih modern nantinya. Tampilan paling beda bakal terasa di varian tertinggi (Veloz) dan (Xenia tipe R)," ucap sumber tadi.

Program ?Xpander Tons of Real Happiness? menyambangi Medan.
Program Xpander Tons of Real Happiness menyambangi Medan.(ISTIMEWA)

Seperti biasanya, prosesi peluncuran biasanya dilakukan pada hari yang sama, hanya beda jam. Toyota sebagai prinsipal sekaligus pemilik absah Daihatsu, bakal duluan. Baru selang beberapa jam, baru menyusul Xenia.

Avanza-Xenia merupakan produk kolaborasi yang panjang umur di Indonesia, bergulir sejak akhir 2003. Fenomena kedua model ini juga sudah membahana ke seluruh penjuru Indonesia, dan bertahun-tahun menjadi model terlaris di Indonesia.

Tapi, setelah merek kompetitor mulai masuk ke segmen LMPV, kedua model mulai goyah, terutama sepanjang 2018 ini, lewat penantang utama Mitsubishi Xpander

Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved