Dinkes Bolsel Targetkan 30 Ribu Masyarakat Tercover BPJS Kesehatan di Tahun Depan

Pemkab Bolsel melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menargetkan tahun 2019 mendatang lebih dari 30 ribu masyarakat akan tercover BPJS Kesehatan

Dinkes Bolsel Targetkan 30 Ribu Masyarakat Tercover BPJS Kesehatan di Tahun Depan
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
Kepala Dinas Kesehatan Bolsel, dr. Sadly Mokodongan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menargetkan tahun 2019 mendatang lebih dari 30 ribu masyarakat akan tercover BPJS Kesehatan melalui program Universal Health Coverage (UHC).

Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Dinkes dr Sadly Mokodongan, anggaran yang digelontorkan untuk menyukseskan program tersebut sebesar Rp 8,9 miliar.

"Targetnya menyeluruh kepada masyarakat berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)," jelas Sadly.

Dijelaskannya, masyarakat yang akan tercover program tersebut adalah segmen atau kelas III atau tidak masuk dalam kategori pekerja upahan.

"Jadi pada intinya mereka yang masuk adalah kategori kelas III," jelasnya.

Baca: Beli Kacamata Pakai BPJS Kesehatan, Emang Bisa? Lihat Caranya Disini!

Sementara itu, menurut Kepala Disdukcapil Gunawan Otuh, saat ini tercacat jumlah masyarakat di Bolsel Tahuan 2018 sebanyak 70.058 jiwa sebelumnya tahun 2017 sebanyak 68.546 jiwa.

"Selang setahun ada ketambahan sebanyak 1.512 jiwa," jelasnya.

Seperti yang diketahui, sebelumnya saat pemerintahan mantan Bupati Haji Herson Mayulu (H2M) dan Iskandar Kamaru menerima penghargaan UHC Award dari Presiden RI.

Penghargaan diterima setelah Bolsel dinyatakan berhasil memberikan pelayanan kesehatan prima berbekal kartu BPJS, mengikutsertakan 95 persen masyarakat dalam program Jaminan Kartu Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS). (lix)

Penulis: Felix Tendeken
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved