202 Warga Bolmong Kena DBD, Dinkes Minta Masyarakat Perhatikan Kebersihan Lingkungan

Musim hujan mulai tiba dan gigitan nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) terus menyerang warga Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara.

202 Warga Bolmong Kena DBD, Dinkes Minta Masyarakat Perhatikan Kebersihan Lingkungan
TRIBUN MANADO/MAICKEL KARUNDENG
(Foto tak terkait berita) Satu di antara pasien DBD yang sedang dirawat di RS Kinapit Kotamobagu. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Musim hujan mulai tiba dan gigitan nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) terus menyerang warga Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara.

Kepala Dinkes Bolmong Sahara Albugis melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Wiyono SST mengatakan, data DBD sejak Januari sampai dengan November minggu kedua sudah ada 202 kasus DBD di Bolmong.

Kasus DBD di Bolmong tertangani semua dan tidak ada korban jiwa.

"Paling banyak pasien DBD dirawat di rumah sakit di Kotamobagu, namun ada sebagian juga pasien di wilayah Pantai Utara dirawat di RS Umum Datoe Binangkang Lolak," katanya.

Biasanya dari Dinkes, setelah menerima informasi kasus yang dicurigai DBD, selanjutnya Dinkes akan mengklarifikasi informasi yang masuk di tempat pelayanan di mana pasien dirawat.

Ia menambahkan, paling banyak pasien DBD berada di wilayah Dumoga Puskesmas Pusian.

"Tingginya kasus DBD diakibatkan kurangnya kepedulian masyarakat sekitar akan pentingnya kebersihan lingkungan," ujar Wiyono.

Antisipasi Dinkes selain melakukan fogging, yakni menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat itu sendiri akan bahaya DBD kalau lingkungan tidak bersih.

"Tim Dinkes menelusuri diagnosa dan melaksanakan Penyelidikan Epidemiologi, kemudian menemui pasien dengan beberapa pertanyaan sebelum demam pernah pergi kemana saja, bersama siapa, agar mengetahui terjangkit dari mana," ungkap Wiyono.

Tahap selanjutnya melakukan survei di radius 100 meter dari rumah penderita untuk mengetahui tingkat terjangkitnya sampai di mana, dengan memeriksa jentik aedes tempat perindukan serta memeriksa penduduk sekitar, apakah ada yang demam dan atau gejala yang sama dengan penderita utama.

Halaman
12
Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved