Diskominfo Mencoba Kekuatan Jangkauan Jaringan WiFi Gratis di Desa Tondadu

Seperti yang diketahui, sebelumnya pihak Diskominfo kesulitan untuk mengoperasikan tower tersebut karena terkendala jaringan listrik.

Diskominfo Mencoba Kekuatan Jangkauan Jaringan WiFi Gratis di Desa Tondadu
TRIBUN MANADO/FELIX TENDEKEN
Uji coba jaringan dari tower WiFi gratis di Bolsel, Sulawesi Utara. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Setelah tower didirikan, hari ini Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), mencoba jangkauan jaringan WiFi gratis di seputaran kawasan kuliner paving blok di Desa Tondadu Kecamatan Bolaang Uki, Bolsel, Sulawesi Utara,.

"Sekarang kita masih coba jangkauan dan dari hasil uji coba masih bisa sampai satu kilo meter," ucap Aghit Saleh Kepala Bidang E-government di Diskominfo Bolsel, Kamis (22/11/2018) di tepi pantai Tolondadu.

Setelah selesai sore ini tim teknisnya akan mencoba kekuatan jaringan dengan 100 orang pengguna yang password-nya akan disampaikan via website Kominfo Bolsel.

"Saya tadi mencoba unlimited user dan lumayan kuat jaringannya, sebentar password akan kita sampaikan ke publik," ucapnya.

Seperti yang diketahui, sebelumnya pihaknya kesulitan untuk mengoperasikan tower tersebut karena terkendala jaringan listrik.

Dimana belum ada sambungan kabel resmi dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai penyedia daya.

"Kita sudah upayakan dan Alhamdulillah ada dukungan dari masyarakat melalui sambungan listrik dari rumah warga untuk suplai tenaga ke UPS," jelasnya.

Kata dia, hal tersebut dilakukan sehingga khususnya penikmat kuliner di lokasi wisata pantai tersebut bisa menikmati jaringan Internet gratis.

"Supaya masyarakat sudah bisa menikmati layanan internet secepatnya secara gratis," jelasnya.

Sementara itu Sumardi satu diantara pengunjung lokasi wisata mengaku tidak sabar mencoba jaringan internet gratis yang disediakan pemerintah untuk masyarakat.

"Ini pertama di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), belum pernah saya temukan ada fasilitas internet gratis dari pemerintah untuk masyarakat," jelasnya.

Senada diucapkan oleh Jun, satu diantara pengunjung yang rutin datang ke lokasi tersebut untuk menikmati secangkir kopi dan saraba.

"Selama ini kalau harap jaringan dari provider lalod-nya minta ampun meski ada logo 4g nya. Siapa tahu ini bisa jadi salah satu solusi untuk menikmati internet tanpa putus-putus," ucapnya. (Tribun Manado/Felix Tendeken)

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved