Trump di Bawah Tekanan Tinggi Sebelum Rilis Laporan Pembunuhan Khashoggi

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menghadapi tekanan yang tinggi ketika akan mengambil langkah-langkah yang tegas terhadap Arab Saudi

Trump di Bawah Tekanan Tinggi Sebelum Rilis Laporan Pembunuhan Khashoggi
(AFP / OZAN KOSE)
Massa demonstran menuntut pembebasan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi yang dikabarkan hilang sejak memasuki gedung konsulat Saudi di Istanbul pada Selasa (2/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNMANADO.CO.ID,  WASHINGTON-- Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menghadapi tekanan yang tinggi ketika akan mengambil langkah-langkah yang tegas terhadap Arab Saudi terkait pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Sebelum itu, Trump akan merilis laporan resmi terkait pembunuhan Khashoggi.

Trump mengatakan kepada wartawan pada Sabtu (17/11/2018) lalu, laporan rinci, termasuk informasi tentang siapa yang bertanggung jawab atas pembunuhan kolumnis Washington Post di Konsulat Arab Saudi di Istanbul, akan dirilis pada hari Senin (19/11/2018) atau Selasa (20/11/2018).

Menurut laporan media Amerika Serikat, harian New York Times dan The Washington Post, Badan Intelijen Pusat (CIA) yakin perintah membunuh Khashoggi datang dari Putra Mahkota Mohammed bin Salman ( MBS).

Namun Trump telah menyebut kesimpulan CIA terlalu prematur untuk mengatakan pangeran Mohammed, juga dikenal sebagai MBS, adalah sosok yang langsung bertanggung jawab terhadap pembunuhan pada 2 Oktober lalu.

 
Tetapi ada peningkatan tensi politik, baik dari Demokrat dan Republik di Kongres, untuk lebih banyak tindakan di tengah konsensus yang berkembang bahwa MBS tahu tentang operasi pembunuhan Khashoggi.

"Donald trump hanya mengatakan,"Akan ada benar-benar tahu?"seolah-olah badan-badan intelijen kita tidak mampu membuat kesimpulan," kritik senator dari Demokrat Ron Wyden pada Senin (19/11/2018).

Dia mendesak Direktur CIA Gina Haspel dan Direktur Intelijen Nasional untuk memberikan keterangan kepada rakyat Amerika dan Kongres tentang penilaian umum siapa yang memerintahkan pembunuhan Khashoggi.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir telah menolak laporan media dan mengatakan tuduhan keterlibatan putra mahkota tidak memiliki dasar kebenaran.

Halaman
123
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved