Pemkab Bolsel Sosialisasikan Pendidikan Bela Negara

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar sosialisasi pendidikan wawasan bela negara

Pemkab Bolsel Sosialisasikan Pendidikan Bela Negara
Tribun manado / Felix Tendeken
Pendidikan Belana Negara di Bolsel 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar sosialisasi pendidikan wawasan bela negara yang dirangkaikan dengan pelantikan pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK).

Kegiatan yang bertujuan meningkatkan rasa cinta akan tanah air dilaksanakan di Balai Desa Tolondadu II, Kecamatan Bolaang Uki, Rabu (21/11) yang dihadiri oleh 200 orang peserta.

Bupati Iskandar Kamaru dalam sambutannya mengatakan, bela negara bukan semata-mata tugas TNI melainkan tugas segenap elemen bangsa Indonesia.

"Hak kewajiban yang paling mendasar seluruh warga negara adalah bela negara, dan bela negara dapat diterapkan dalam bentuk pembangunan sehingga negara menjadi kuat," ucapnya.

Baca: Dua Puskesmas di Bolsel Selesai Dinilai oleh Komisi Akreditasi

Kata dia, FPK diambil dari perwakilan berbagai suku yang ada di Bolsel.

"Ini sebagai gambaran bahwa negara Indonesia terdiri dari bermacam perbedaan yang menjadi satu kesatuan yaitu Bhineka Tunggal Ika," jelasnya.

Dijelaskan saat ini tidak seperti dulu lagi, kalau zaman dulu di sekolah selalu diajarkan untuk menghafal P4. Sama halnya menghafal nama pejabat dari tingkat bawah sampai ke jajaran menteri dihafal.

"Contohnya banyak peserta seleksi CPNS gagal karena soal-soal yang mendasar tentang wawasan kebangsaan kurang," jelasnya.

Dengan kondisi zaman yang seperti ini maka diajak agar bersama-sama baik masyarakat, TNI, pemerintah daerah, dan elemen masyarakat bersinergi menjaga kedaulatan negara.

Acara dilanjutkan dengan pelantikan FPK oleh Bupati dengan perwakilan suku yang ada di Bolsel diantaranya Bolango, Mongondow, Gorontalo, Jawa, Minahasa, dan Sangihe.

Setelah itu Asisten I Aslyafri Kadullah dan Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1303/BM Mayor Inf Abdul Kadir Sampir membawakan materi tentang wawasan kebangsaan.

Baca: Perindagkop Bolsel Siap Bekerja Sama dengan BUMDes

Perlu diketahui selain yang disebutkan acara ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kesbangpol Raston Mooduto, Camat Bolaang Uki Nurhaeda Yasin,

Pabung Kodim 1303/BM Mayor Inf Abdul Kadir Sampir, tokoh agama, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat. (lix)

Penulis: Felix Tendeken
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved