Serda Rina Bersama Petani Kerja Bakti Bersihkan Saluran Irigasi Desa Mopugad

Pada umumnya sungai induk irigasi di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara, relatif ada serta persediaan air tercukupi.

Serda Rina Bersama Petani Kerja Bakti Bersihkan Saluran Irigasi Desa Mopugad
ISTIMEWA
Kerja bakti pembersihan saluran irigasi persawahan yang terletak di Desa Mopugad Utara Kecamatan Dumoga Utara Kabupaten Bolmong, Sulawesi Utara, Selasa (20/11/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Pada umumnya sungai induk irigasi di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara, relatif ada serta persediaan air tercukupi.

Namun demikian dalam rangka mengantisipasi musim penghujan yang akan datang, tidak ada salahnya jika langkah-langkah efektifitas mulai dilakukan dengan pembersihan saluran pengairan irigasi sampai ke lahan-lahan persawahan.

Sehingga mampu memberikan suplai air secara maksimal dan menjamin kebutuhan tanaman padi untuk tumbuh normal tanpa kekurangan pengairan.

Bersama Kelompok Tani Werdi Guna, Babinsa Desa Mopugad Serda Rina Imam Asmuri melaksanakan kerja bakti dengan sasaran pembersihan saluran irigasi persawahan yang terletak di Desa Mopugad Utara Kecamatan Dumoga Utara Kabupaten Bolmong, Selasa (20/11/2018).

Kondisi saluran irigasi yang banyak ditumbuhi rumput menyebabkan aliran irigasi terhambat.

Maka petani mengalami kesulitan dan keterlambatan dalam mendapatkan air karena aliran air yang kecil.

Pembersihan yang dilakukan sangat membantu mengurangi sedimen dan rumput maupun sampah di saluran sehingga menjadi bersih dan lancar.

“Kami merasa sangat terbantu dengan adanya pendampingan dari Babinsa. Semoga air menjadi lebih lancar sampai di sawah kami," ujar Kepala Dusun Dua Mopugad Utara Bapak Agung Setiabudi saat mengikuti pembersihan.

Koordinasi yang baik diantara Babinsa dan masyarakat binaan semata-mata untuk meningkatkan produktifitas pertanian dalam rangka menunjang program swasembada pangan khususnya padi, jagung, kedelai (pajale).

Kebersamaan petani, Babinsa dan Masyarakat adalah wujud kebersamaan TNI dan rakyat.

Selain itu, Babinsa Serda Rina Imam Asmuri juga berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara berkala untuk menjaga saluran irigasi tetap terpelihara sehingga memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat tani.

Dengan dibersihkannya saluran irigasi semoga air akan lebih lancar mengairi areal persawahan para petani.

Pertumbuhan tanaman petani akan lebih optimal serta akan menghasilkan panen sesuai dengan yang diharapkan.

(Tribunmanado.co.id/Maickel Karundeng)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved