IKAMI Sul-Sel Cab Minahasa Menjadi Rumah di Tanah Rantau Bumi Nyiur Melambai

Menjadi seorang mahasiswa perantau adalah pilihan, dan tentunya bukan hal yang mudah untuk dijalani

IKAMI Sul-Sel Cab Minahasa Menjadi Rumah di Tanah Rantau Bumi Nyiur Melambai
ISTIMEWA
IKAMI Sul-Sel Cab Minahasa. 

Citizen-Journalism oleh:
Gina Julyesta Rampun
Mahasiswa Universitas Negeri Manado

MENJADI seorang mahasiswa perantau adalah pilihan, dan tentunya bukan hal yang mudah untuk dijalani karena jauh dari orangtua dan harus menyesuaikan diri dengan keadaan di perantauan.

Begitu juga yang dirasakan oleh beberapa mahasiswa asal Sulawesi Selatan.

Seperti mahasiswa dari Toraja, Pinrang, Makassar, Enrekang, Bulu Kumba atau kabupaten lainnya di Sulawesi Selatan yang merantau ke Minahasa Provinsi Sulawesi Utara untuk menempuh pendidikan.

Oleh karena itu organisasi IKAMI Sul-Sel Cabang (Cab) Minahasa (Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa/Pelajar Indonesia Sulawesi Selatan) dibentuk untuk menjadi tempat para mahasiswa asal Sulawesi Selatan dalam membangun rasa kebersamaan dan persaudaraan di tanah rantau Minahasa.

Setiap tahunnya bersamaan dengan penerimaan mahasiswa baru di universitas, organisasi IKAMI Sul-Sel Cab Minahasa juga mengadakan pengkaderan anggota baru bagi mahasiswa baru asal Sul-Sel yang datang ke Minahasa.

Seperti pada tanggal 17-18 November 2018 IKAMI Sul-Sel sukses melaksanakan pengkaderan anggota baru dengan tema “Menumbuhkan Rasa Kekeluargaan Dalam Bingkai Perantaua “, kegiatan ini direspon baik para mahasiswa baru asal Sul-Sel di mana dihadiri oleh 69 peserta yang menjadi anggota baru.

Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat, pada hari pertama diadakan di SMK Nusantara Tondano untuk menerima beberapa materi yang tidak mereka dapatkan dalam perkuliahan seperti materi kepemimpinan dalam suatu organisasi dengan tujuan agar para kader IKAMI Sul-Sel Cab Minahasa kelak dapat menjadi seorang pemimpin, keesokan harinya dilaksanakan di Pantai Triple M untuk kegiatan games dan pelantikan anggota baru.

Yang menjadi peserta dalam kegiataan ini bukan hanya mahasiswa baru asal Sul-Sel namun juga mereka yang berasal dari daerah lain atau yang telah lama menetap di Minahasa namun memiliki keturunan dari Sul-Sel.

Kegiatan pengkaderan ini bertujuan untuk saling mengenal dan mempererat rasa persaudaraan sebagai satu keluarga yang berasal dari Sul-Sel di tanah rantau.

Badan Pengurus IKAMI Sul-Sel Cab Minahasa juga merencanakan akan melaksanakan Latihan Kepemimpinan Tingkat Menegah (LKTM) dan terus berupaya agar organisasi ini menjadi layaknya seperti rumah di perantauan sebagai tempat saling berbagi dalam mewujudkan rasa persaudaraan serta melalui organisasi ini dapat menciptakan generasi yang dapat menjadi seorang pemimpin bangsa di kemudian hari, karena menjadi seorang pemimpin bukan hanya mereka yang berprestasi dalam bangku perkuliahan saja namun juga harus ikut aktif dalam berbagai organisasi .

Editor: Alexander Pattyranie
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved