Berikut Kisah Tentara Korea Utara yang Membelot Tahun Lalu

hasil wawancaranya dengan tentara membelot dan menyeberang ke Korea Selatan melalui desa perbatasan, Panmunjom pada November tahun lalu

Berikut Kisah Tentara Korea Utara yang Membelot Tahun Lalu
kompas.com
Foto yang diambil dari video yang ditangkap kamera CCTV militer Korea Selatan memperlihatkan prajurit Korea Utara melepaskan tembakan ke arah rekannya yang membelot. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebuah surat kabar Jepang, Sankei Shimbun, melaporkan hasil wawancaranya dengan tentara membelot dan menyeberang ke Korea Selatan melalui desa perbatasan, Panmunjom pada November tahun lalu

Identitas tentara Korea Utara tersebut selama ini hanya dikenal dengan nama Oh.

Dalam laporan surat kabar yang dilansir AFP, Senin (19/11/2018), tentara tersebut bernama lengkap Oh Chong Song dan merupakan putra seorang jenderal militer Korea Utara.

Baca: Pembangunan Gedung Pengujian Kendaraan Bermotor Terus Dipacu

Kabar pelarian Oh pada 13 November 2017 lalu sempat menggemparkan media dengan aksinya melintasi zona demiliterisasi dan sempat dihujani peluru yang ditembakkan oleh tentara perbatasan Korut.

Setelah berhasil menyeberang, Oh dilarikan ke rumah sakit di Seoul untuk mendapat perawatan.

Dia diketahui mengalami luka tembak ditambah kondisi kesehatan yang buruk karena malnutrisi, bahkan dokter mengeluarkan cacing parasit dari tubuhnya.

Dilaporkan Sankei Shimbun, Oh yang berusia 25 tahun mengaku putra dari seorang mayor jenderal Korea Utara.

Baca: Bos YG Entertainment Tersentuh Melihat Fans yang Bernyanyi di Luar Venue

Namun meski lahir di tengah keluarga petinggi militer, Oh merasa tidak memiliki rasa kesetiaan terhadap pemimpin Korea Utara. Hal itu dikatakannya banyak dialami generasi muda di negaranya.

"Di Korea Utara, warga, terutama para generasi muda tidak peduli satu sama lain, juga terhadap politik maupun para pemimpin, dan tidak ada rasa kesetiaan," kata Oh.

"Mungkin hampir sekitar 80 persen dari generasi saya merasa tidak peduli dan tidak memiliki rasa kesetiaan," ujarnya seperti dikutip surat kabar tersebut.

Halaman
12
Editor: Hans Koswara Widjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved