Amstrong Sebut Kualitas Arang Tempurung Kelapa Sulut yang Terbaik

Bukan tidak beralasan jika para investor melirik keberadaan tempurung kelapa di Bolsel yang memiliki kadar kepadatan tertinggi.

Amstrong Sebut Kualitas Arang Tempurung Kelapa Sulut yang Terbaik
TRIBUN MANADO/FELIX TENDEKEN
Proses pembuatan arang tempurung di Desa Tolotoyon, Kecamatan Pinolosian, Bolsel, Sulawesi Utara. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Kepala Dinas Perdagangan dan Kooperasi (Disperindagkop) Amstrong Apollo, membenarkan bahwa Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, belum lama ini telah bertemu dengan investor arang tempurung.

Hal tersebut disampaikan oleh bupati saat memimpin apel pagi di samping kantor BKPSDM, Bolsel, Sulawesi Utara, Senin (19/11/2018).

"Bupati rencananya akan membuat tim terpadu dengan lintas instansi terkait termasuk Disperindagkop untuk menindaklanjuti peluang investasi tersebut," jelasnya.

Kata dia, bukan tidak beralasan jika para investor melirik keberadaan tempurung kelapa di Bolsel yang memiliki kadar kepadatan tertinggi.

Sebab terinformasi saat Perindagkop berkunjung ke Kota Malang mereka menilai tempurung kelapa yang ada di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) adalah yang terbaik.

"Mereka investor meminta sampel berupa 50 kilo arang karena mau di tes ulang di lab," jelasnya.

Dicontohkan kalau produk dari kepulauan jawa masih kalah bagus dengan produk dari Sulut sebab untuk di tumbuk saja setengah mati karena kerasnya minta ampun.

"Kalau yang lain sekali mencet langsung jadi abu," jelasnya lagi.

Disisi lain kata dia, pihaknya juga sangat membutuhkan data potensi data real arang tempurung dari dinas pertanian.

"Mereka berinvestasi karena mereka melihat peluang. Tentu kami berharap masing-masing desa jumlahnya harus terukur," jelasnya.

(Tribun Manado/Felix Tendeken)

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved