Ini yang Bakal Dilakukan Lomban untuk Selat Lembeh

Pemerintah Kota Bita Bitung bakal kembangkan wisata selam di Selat Lembeh yang ramah lingkungan dan bebas dari sampah plastik.

Ini yang Bakal Dilakukan Lomban untuk Selat Lembeh
TRIBUN MANADO/CHINTYA RANTUNG
Foto bersama. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Untuk pengembangan wisata selam di Selat Lembeh, Bitung, Sulawesi Utara, yang ramah lingkungan dan bebas dari sampah plastik, Pemerintah Kota Bitung akan melakukan berbagai hal.

Di antaranya, bekerja sama dengan seluruh pengelola resort dan pekerja wisata di Selat Lembeh guna meningkatkan pengawasan dalam pengelolaan area wisata selam.

"Pentingnya peningkatan skill para penyelam di area penyelaman yang sebagian besar bertipe 'Mug Diving' (berlumpur) agar habitat 3.000 jenis critters unik di dalamnya tetap terjaga, serta harus adanya peraturan atau regulasi yang mengatur agar setiap penyelam dilengkapi dengan 'Mash Bag' (kantong sampah) untuk mengurangi jumlah sampah plastik di seluruh lokasi wisata selam guna menunjang program Pemerintah Kota Bitung," kata Lomban.

Penyediaan fasilitas-fasilitas penampungan dan pengolahan sampah plastik di berbagai lokasi wisata penyelaman sehingga proses penanganan sampah bisa dilaksanakan secara berkesinambungan.

Rencananya Pemerintah Kota Bitung akan bekerja sama dengan beberapa resort dan yayasan internasional dalam rangka mengembangkan mesin pengolahan sampah plastik.

"Yang dapat mengubah plastik menjadi bensin, mesin pengolah bata plastik, serta alat-alat rumah tangga yang bermanfaat, yang akan di inisiasi oleh dinas perdagangan Kota Bitung sekaligus menjadi proyek percontohan," sebutnya.

(Tribumanado.co.id/Chintya Rantung)

Penulis: Chintya Rantung
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved