Donald Trump: Kesimpulan CIA soal Pembunuhan Jamal Khashoggi Terlalu Prematur

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan kesimpulan Badan Intelijen Pusat atau CIA tentang pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi masih prematur

Donald Trump: Kesimpulan CIA soal Pembunuhan Jamal Khashoggi Terlalu Prematur
Presiden AS Donald Trump 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MALIBU - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan kesimpulan Badan Intelijen Pusat atau CIA tentang pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi masih prematur.

Melansir CNN, dia menyatakan pemerintah akan membuat kesimpulan akhir kasus Khashoggi pada awal pekan ini.

Seperti diketahui, laporan CIA menyebutkan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) bertanggung jawab atas kematian Khashoggi.

"Kami akan memiliki laporan lengkapnya dalam dua hari ke depan, kemungkinan Senin atau Selasa," katanya saat mengunjungi lokasi kebakaran di Malibu, California, Sabtu (17/11/2018).

"Kami akan punya laporan tentang apa yang kami pikir berdampak keseluruhan dan siapa yang menyebabkan serta melakukannya," ucapnya.

Baca: Penyelidikan CIA: Putra Mahkota Arab Saudi Perintahkan Pembunuhan Jamal Khashoggi

Sebelum meninggalkan Gedung Putih pada Sabtu pagi, Trump mengatakan dia belum mendapat penjelasan tentang kesimpulan CIA.

Namun, pria berusia 63 tahun itu mendapat informasi sang pangeran tidak terlibat dalam pembunuhan.

"Mereka belum memberikan penilaian apa pun. Ini terlalu dini, dan laporan yang sangat prematur," ucap Trump, seperti dikutp dari The Hill.

Diwartakan AFP, juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Heather Nauert mengatakan, laporan yang mengindikasikan AS sudah membuat kesimpulan akhir terhadap kasus Khashoggi adalah tidak akurat.

"Masih ada banyak pertanyaan yang tidak terjawab sehubungan dengan pembunuhan Khashoggi," tuturnya.

Baca juga: Seorang Wanita Mesir Mengaku Menikah Diam-diam dengan Jamal Khashoggi

Kemenlu AS masih terus mencari fakta dan bekerja sama dengan negara lain untuk menahan mereka yang terlibat dalam pembunuhan, sembari mempertahankan hubungan strategis dengan Saudi.

"Sementara, kami akan terus berkonsultasi denga Kongres, bekerja sama dnegan negara lain untuk meminta pertanggungjawaban mereka yang terlibat dalam pembunuhan Khashoggi," ujarnya.

Nauert menyatakan, AS telah mengambil tindakan tegas kepada individu, termasuk visa dan penerapan sanksi.

Artikel di tribunmanado.co.id ini ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Trump: Kesimpulan CIA soal Pembunuhan Khashoggi Terlalu Prematur"

Editor: David_Kusuma
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved