Pemkab Bolsel Prioritaskan Pembangunan Gereja dan Pure

Pembangunan Gereja dan Pure di kompleks perkantoran Bupati di Panango, masih menjadi program prioritas Pemkab Bolsel

Pemkab Bolsel Prioritaskan Pembangunan Gereja dan Pure
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
Pure Panango 

Liputan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

MOLIBAGU, TRIBUNMANADO.CO.ID - Pembangunan Gereja dan Pure di kompleks perkantoran Bupati di Panango, masih menjadi program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Setelah tahap II selesai, Pemkab kembali mengalokasikan perampungan pembangunan rumah ibadah untuk umat Hindu dan Kristen ini dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2019.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Kepala Bagian Kesra Ekavrie Van Gobel, Jumat (16/11) usai melaksanakan Program Ibadan Subuh Bersama (PISB).

Bahwa pada tahun 2017 lalu, dialokasikan anggaran sebesar Rp 1,7 M untuk pembangunan gereja dan Rp 750 pembangunan Pura tahap I.

Kemudian tahun 2018, kembali dianggarkan kegiatan tahap II, berbandrol anggaran sebesar Rp 1,75 Miliar untuk pembangunan gereja dan Rp 1 Miliar pembangunan Pure.

“Pembangunan tahap tiga kembali ditata dalam APBD tahun 2019. Kita belum bisa memastikan besarannya. Intinya, kegiatan ini kembali dialokasikan,” kata Eka sapaan akrabnya.

Dibeberkan olehnya, tahun 2019 nanti merupakan tahap akhir pembangunan Pure dan Gereja.

Pure Panango
Pure Panango (TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN)

“Untuk Pure masih ada tiga item. Di antaranya, lantai dan pendopo. Begitu juga dengan Gereja. Tahun ini, kita rampungkan,” kata dia pasti.

Hal serupa disampaikan Bupati Iskandar Kamaru disela-sela aktivitas kerjanya.

“Selain pengentasan kemiskinan, lanjutan pembangunan Pure dan Gereja masih menjadi program prioritas Pemkab Bolsel. Termasuk pembangunan Islamic center,” kata Bupati.

Sebelumnya bupati telah menyampaikan hal tersebut melalui gambaran struktur anggaran APBD 2019 Bolsel, dalam rapat paripurna penyampaian nota keuangan Rancangan Peraturan Daerah (ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019, awal November lalu.

Pure Panango
Pure Panango (TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN)

Perlu diketahui, bangunan Gereja, Pure dan Masjid Amirul Mukminin dibangun berdampingan di kawasan Kantor Pemerintah Pemkab Bolsel, untuk memperkuat visi religius daerah yang diusung pasangan H2M Bersinar (Haji Herson Mayulu bersama Iskandar Kamaru) pada Pilkada 2015 lalu.

Sementara untuk masjid Amirul Mukminin, pembangunannya telah rampung 2017 lalu.

"Tiga tempat ibadah tersebut adalah simbol kerukunan beragama di Boslel," tandasnya. (lix)

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved